Press ESC to close

KKN-T IPB Mengedukasi Peternak di Desa Giriyoso Melalui Penyuluhan Manajemen Ternak

Jawa Tengah – Klik Ternak. Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata-Tematik Inovasi (KKN-TI) Institut Pertanian Bogor (IPB) telah melakukan kegiatan edukasi kepada peternak di Desa Giriyoso dalam upaya pengenalan bangsa ternak dan penyuluhan manajemen pemeliharaan ternak pada hari Sabtu, 8 Juli 2023. Desa Giriyoso yang terletak di Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah menjadi lokasi kegiatan penyuluhan ini. Desa yang memiliki 8 dusun, yaitu Keplekan, Tulakan, Karangbulu, Segawe, Giriyoso, Pati, Dukunan, dan Tlangu, mayoritas penduduknya mengandalkan sektor pertanian sebagai mata pencaharian utama. Di samping pertanian, banyak pula masyarakat yang memiliki hewan ternak sebagai aset simpanan yang akan dijual apabila ada kebutuhan mendesak.

KKN-TI IPB hadir di Desa Giriyoso dengan tujuan memberikan penyuluhan kepada masyarakat setempat agar mereka dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam mengelola hewan ternak yang mereka pelihara. Harapannya, hewan ternak tersebut tidak hanya menjadi aset simpanan, tetapi juga dapat menjadi usaha peternakan yang berkelanjutan. Dalam kegiatan penyuluhan tersebut, mahasiswa KKN-TI IPB memberikan pemahaman kepada peternak desa mengenai berbagai bangsa ternak ruminansia yang penting untuk diketahui.

Materi penyuluhan mencakup penjelasan tentang karakteristik, kebutuhan pakan, dan perawatan yang tepat untuk setiap jenis ternak. Selain itu, mahasiswa KKN-TI IPB juga memberikan informasi mengenai waktu optimal untuk mengawinkan ternak guna meningkatkan produktivitas. Selanjutnya, mahasiswa KKN-TI IPB membahas pentingnya perkandangan yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan ternak.

Mereka menjelaskan tentang desain kandang yang baik, sistem ventilasi yang memadai, serta pentingnya penyediaan pakan dan air yang cukup. Kegiatan penyuluhan ini sangat relevan mengingat masih banyak peternak di Desa Giriyoso yang belum memahami dengan baik tentang berbagai jenis ternak, informasi mengenai waktu pembiakan yang optimal, dan ukuran kandang yang sesuai. Dengan pemahaman yang diberikan oleh mahasiswa KKN-TI IPB, diharapkan peternak di Desa Giriyoso dapat meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan usaha peternakan mereka.

Diskusi dan tanya jawab antara mahasiswa KKN-TI IPB dan peternak desa turut dilibatkan dalam kegiatan penyuluhan ini. Peternak memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan mengenai permasalahan yang dihadapi dalam beternak, dan mahasiswa memberikan solusi serta saran yang tepat. Selain memberikan edukasi yang berharga, kegiatan penyuluhan manajemen ternak yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-TI IPB di Desa Giriyoso juga menghasilkan dampak positif. Setelah dilakukan evaluasi menggunakan pre-test dan post-test, tercatat peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan mengenai ternak.

Peningkatan ini terlihat dari perbandingan hasil pre-test, yang dilakukan sebelum penyuluhan, dengan hasil post-test, yang dilakukan setelah penyuluhan selesai. Berdasarkan hasil evaluasi, peternak di Desa Giriyoso mengalami peningkatan pengetahuan sebesar 86%. Peningkatan sebesar 86% ini menunjukkan bahwa upaya mahasiswa KKN-TI IPB dalam memberikan edukasi dan penyuluhan benar-benar memberikan dampak positif pada pengetahuan para peternak.

Dengan pemahaman yang diperoleh, peternak di Desa Giriyoso diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolaan ternak mereka dan meningkatkan produktivitas usaha peternakan. Bapak Giyato, sekretaris Desa Giriyoso, menyampaikan rasa terima kasihnya atas penyuluhan yang diberikan oleh mahasiswa KKN-TI IPB. Ia menganggap penyuluhan ini sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan pemahaman baru mengenai pengelolaan ternak yang lebih baik dan berharap dapat menerapkannya dalam kegiatan usaha yang berkelanjutan.

“Saya berharap dengan adanya penyuluhan ini, peternakan di Desa Giriyoso dapat berkembang dan peserta yang hadir dapat menyebarkan ilmu dari kegiatan penyuluhan ini kepada masyarakat lainnya,” ujar Bapak Giyato.

Kegiatan penyuluhan manajemen ternak yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-TI IPB di Desa Giriyoso diharapkan menjadi awal yang baik untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan peternak desa dalam mengelola hewan ternak. Selain itu, diharapkan masyarakat dapat menyebarkan ilmu yang didapatkan kepada masyarakat lainnya.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang berbagai jenis ternak, manajemen pembiakan, dan perkandangan yang sesuai, diharapkan usaha peternakan di Desa Giriyoso dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, memberikan manfaat ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat setempat. (KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *