Press ESC to close

Kontes Kambing GMC Pertama di Tangsel: Peternak Milenial Tampilkan Ternak Terbaik di Jabodetabek

https://www.youtube.com/watch?v=t8k1r3qAqYo

Tanggerang Selatan – Klik Ternak. Festival Open Kontes Jabodetabek: Goat Milennial Community (GMC) pertama kali diadakan di Tangerang Selatan (Tangsel) berlangsung selama dua hari, pada hari Minggu 26 Februari 2023. Festival Open Kontes Kambing GMC pertama di Tangsel yang diadakan oleh kumpulan peternak milenial bernama GMC dengan Wahyu Sumanto sebagai Ketua Panitia.

Meskipun acara ini diadakan dengan persiapan yang terbilang dadakan, panitia telah berhasil menyiapkan segala sesuatunya dengan baik untuk memfasilitasi peserta, penonton dan kegiatan kontes sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar.

Pada kontes kambing ini, penilaian menggunakan standar KSI yang terdiri dari 12 parameter, seperti kepala, mata, telinga, bulu, ekor dan lainnya. Sedangkan kelas yang disediakan terdiri dari 10 kelas, yaitu kelas A, B, C, D, E, yang terdiri dari sepasang jantan dan betina.

Kambing yang terpilih menjadi juara kontes ini memiliki nilai jual yang tinggi karena memiliki kriteria fisik yang bagus dan menarik serta mendapatkan sertifikat kontes. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat menjadi edukasi bagi para peternak dalam perawatan, pemeliharaan, harga jual dan peluang bisnis yang terbuka luas di bidang peternakan kambing.

Dalam acara Festival Open Kontes Kambing GMC pertama di Tangsel, Wakil Bupati Lebak, Pak Ade Sumardi juga turut hadir. Ia mengungkapkan bahwa kesempatan ini adalah untuk melihat dan membuka cakrawala usaha peternakan, sehingga ada kesinambungan yaitu kemandirian pangan.

Menurutnya, mandiri adalah jika kita mampu menghasilkan produk lokal yang bisa diekspor, bukan mengimpor dari negara lain. Namun, terdapat persoalan dalam peternakan di Indonesia, seperti kurangnya bibit unggul, kurangnya ilmu (peternakan), dan kurangnya sasaran target pemerintah kepada peternak.

Oleh karena itu, acara ini memberikan wadah dengan menampilkan ternak kambing terbaik dari segala daerah untuk berbagi dan mendapatkan ilmu serta bisa meniru dengan peserta lain agar kualitasnya menjadi lebih baik.

Diharapkan dengan adanya acara seperti ini, para peternak di Indonesia dapat terus bersemangat dan terus mengembangkan peternakan kambing di Indonesia untuk mencapai kemandirian pangan yang diinginkan.

Anto dari Baraya Farm, Ciracas Jakarta yang mengikuti kontes kambing PE jantan kelas C. Ia berharap agar peternak di jabodetabek dapat lebih berkembang, lebih antusias dan lebih banyak lagi serta event yang diselenggarakan lebih besar dan meriah sehingga menarik peternak untuk mengikuti event-event ini.

Dengan adanya acara ini, diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat bagi para peternak untuk terus mengembangkan peternakan kambing di Indonesia, terutama di wilayah jabodetabek dan sekitarnya. Mari bersinergi dan terus berkembang bersama dalam bidang peternakan kambing yang sangat potensial. (Klikternak)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Comments (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *