Press ESC to close

Sejarah Ayam Broiler Di Indonesia

Ayam broiler pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1953 hingga 1960. Pada saat itu, Gabungan Penggemar Unggas Indonesia (GAPUSI) memperkenalkan ayam broiler ke Indonesia untuk memenuhi pasar lokal. Aksi yang dilakukan dengan menyilangkan antara ayam impor dengan jenis ayam kampung. Meskipun pada saat itu, tujuan penyilangan hanya sebagai kesenangan dan hobi, bukan untuk komersial.

Pada tahun 1967, impor ayam broiler secara komersial dimulai. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kehewanan membuat program Bimas Ayam yang bertujuan memasyarakatkan ayam ras kepada para peternak unggas dan meningkatkan konsumsi hewani masyarakat yang saat itu masih rendah, yaitu 3,5 gram/kapita/hari.

Hasil dari program Bimas Ayam mulai terlihat pada tahun 1978. Jumlah peternak ayam broiler semakin banyak dan produksi daging ayam broiler meningkat. Namun, pada tahun 1998, krisis ekonomi Indonesia memengaruhi perkembangan peternak ayam broiler. Jumlah peternak ayam broiler turun drastis hingga mencapai 50%.

Pada tahun 1999, usaha peternakan ayam broiler mulai bangkit lagi dari keterpurukan. Hingga sekarang, peternakan ayam broiler semakin berkembang dan bersentra di seluruh provinsi Indonesia. Meskipun mengalami tantangan-tantangan, ayam broiler menjadi salah satu produk unggulan di sektor peternakan di Indonesia. Ayam broiler memiliki keunggulan dalam pertumbuhan yang cepat serta tingkat konversi pakan yang tinggi, sehingga peternak ayam broiler mampu memproduksi daging ayam dengan lebih efisien dan lebih cepat.

Namun, peternakan ayam broiler juga menghadapi beberapa tantangan, seperti peningkatan biaya produksi, kualitas pakan yang tidak stabil, serta perubahan iklim yang dapat memengaruhi produktivitas ayam. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk terus mengembangkan teknologi dan inovasi dalam pengembangan peternakan ayam broiler di Indonesia. Dengan begitu, dapat dihasilkan produk ayam broiler yang berkualitas dan efisien, serta dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan daging ayam yang berkualitas dan bergizi.


Sumber :

https://blog.broilerx.com/blog/asal-usul-sejarah-industri-ayam-broiler/

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ayam_broiler

×

Rizki Adi Saputra

Alumni mahasiswa Peternakan, manusia biasa yang memiliki keterampilan copywriting, menulis, desain grafis, videografer dan juga koding. Selain itu juga bergelut di konten kreator dan sosial media spesialis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *