Press ESC to close

SORINFER: Solusi Inovatif Pakan Komplit Fermentasi Ruminansia

Bogor – Klik Ternak. Di peternakan ruminansia, seperti sapi dan domba, pakan hijauan seringkali tidak tersedia sepanjang tahun, terutama saat musim kemarau. Kekurangan pakan hijauan ini menyebabkan peternak harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memperolehnya, selain memberikan konsentrat pakan tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ternak. Namun, inovasi terbaru dalam bidang pertanian dan peternakan telah menghadirkan solusi yang menarik.

Inovasi tersebut mengembangkan produk pakan fermentasi yang revolusioner untuk ternak ruminansia dengan menggunakan biomassa sorgum (Sorghum spp.) sebagai sumber energi, dan Indigofera sp. sebagai sumber protein, yang kemudian ditambahkan dengan feed additives. Produk pakan fermentasi ini memiliki keunggulan luar biasa, yaitu mampu menggantikan pakan hijauan dan konsentrat dengan biaya yang lebih murah, sambil tetap memberikan nilai gizi yang lebih tinggi untuk ternak.

Keunggulan Inovasi:
Formula perpaduan sorgum dan Indigofera yang telah difermentasikan secara cermat, menghasilkan pakan dengan keseimbangan energi dan protein yang optimal untuk ternak ruminansia. Produk ini mampu menggantikan pakan hijauan dan konsentrat, sehingga membantu peternak mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi produksi.

Salah satu kelebihan utama dari produk ini adalah kemampuannya untuk disimpan hingga enam bulan tanpa mengalami penurunan kualitas pakan. Hal ini membuatnya menjadi pilihan ideal sebagai pakan cadangan saat musim kemarau atau dalam situasi darurat. Selain itu, produk ini telah terbukti disukai oleh para peternak ruminansia, menjadikannya solusi yang menjanjikan untuk meningkatkan produktivitas peternakan.

Potensi Aplikasi:
Inovasi ini telah diproduksi secara terbatas secara komersial, dan memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi industri pakan ruminansia berskala industri yang terintegrasi dengan budidaya Sorgum dan Indigofera secara intensif. Pengembangan industri pakan komplit fermentasi ini akan menjadi langkah maju bagi peternakan ruminansia di Indonesia, yang masih menghadapi kendala teknis dan nutrisi dalam produksi pakan.

Tantangan dan Prospek:
Inovasi SORINFER-PAKAN KOMPLIT FERMENTASI menawarkan prospek yang menarik untuk masa depan peternakan ruminansia di Indonesia. Namun, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti peningkatan kapasitas produksi, pendekatan pemasaran yang tepat, dan peningkatan kesadaran peternak tentang manfaatnya.

Para inovator dari Science Techno Park (STP) IPB University, yaitu Prof. Dr. Ir. Luki Abdullah, M.Sc.Agr, Prof. Dr. Ir. Panca Dewi Manu Hara KS, M.Si, dan Dr. Ir. Rudy Priyanto Adi Hadianto, SP, M.Si, berperan penting dalam pengembangan inovasi ini. Mereka telah bekerja keras untuk menghadirkan solusi yang berdampak positif bagi peternakan ruminansia.

Kesimpulan:
Inovasi SORINFER-PAKAN KOMPLIT FERMENTASI memberikan harapan baru bagi keberlanjutan peternakan ruminansia di Indonesia. Produk pakan fermentasi ini menawarkan alternatif yang ekonomis dan bernilai gizi tinggi untuk menggantikan pakan hijauan dan konsentrat. Dengan kemampuannya untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama, produk ini menjadi solusi ideal untuk menghadapi musim kemarau atau situasi genting. Melalui kerjasama bisnis yang terbuka dan dukungan dari berbagai pihak, prospek inovasi ini dapat diwujudkan dan memberikan manfaat yang besar bagi industri peternakan di Indonesia.

Sumber :
https://sorinfer.com/
https://ppid.ipb.ac.id/sorinfer-pakan-komplit-berbahan-sorgum-indigofera-inovasi-ipb-university-beternak-lebih-praktis-dan-menguntungkan/

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *