Press ESC to close

Susu Ternak: Sumber Nutrisi yang Penting untuk Kesehatan Manusia

Susu ternak merupakan cairan yang dihasilkan oleh hewan ternak betina seperti sapi, kambing, dan kuda, yang dikonsumsi sebagai sumber nutrisi penting untuk manusia. Proses pembentukan susu ternak dimulai di dalam kelenjar mammae, yang terbagi menjadi ambing kiri dan kanan, masing-masing terdiri dari kuartir depan dan kuartir belakang.

Saat rangsangan pada putting ambing terjadi, hipotalamus dalam otak hewan akan melepaskan hormon prolaktin yang memicu produksi susu dari kelenjar susu. Selama masa laktasi, yang merupakan masa ketika hewan ternak menghasilkan susu, produksi susu akan meningkat berkat peningkatan kadar hormon prolaktin.

Setelah susu diproduksi, ia akan disimpan di dalam alveoli, yakni ruang kecil di dalam kelenjar susu, kemudian mengalir melalui saluran kelenjar susu menuju saluran susu dan terakhir keluar melalui puting susu.

Tak hanya sebagai sumber nutrisi, susu ternak juga mengandung antibodi yang membantu melindungi tubuh dari infeksi. Susu juga mengandung nutrisi penting seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan manusia.

Susu sapi, misalnya, merupakan sumber protein dan kalsium yang baik, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta menjaga kesehatan jantung. Sementara, susu kambing mengandung protein dan lemak yang lebih mudah dicerna dan kurang alergenik, sehingga cocok untuk orang yang alergi terhadap susu sapi.

Namun, perlu diingat bahwa susu ternak juga mengandung lemak jenuh, sehingga sebaiknya dikonsumsi dengan bijak. Selain itu, orang yang intoleran laktosa atau alergi susu sebaiknya menghindari konsumsi susu ternak dan mencari alternatif lain yang cocok untuk mereka.

Susu ternak merupakan sumber nutrisi penting yang telah menjadi bagian dari konsumsi manusia selama ribuan tahun. Dengan memahami proses pembentukannya dan nutrisi yang terkandung di dalamnya, kita dapat memanfaatkannya sebagai sumber makanan yang sehat dan bergizi.


Microsoft Word – Laktasi.doc (unpad.ac.id)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *