Press ESC to close

10 Tips Memulai Usaha Peternakan yang Menjanjikan

Peternakan merupakan salah satu jenis usaha yang dapat memberikan keuntungan yang besar. Namun, untuk memulai usaha peternakan, Anda perlu memperhatikan beberapa aspek penting agar usaha Anda dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Berikut ini adalah 10 tips memulai usaha peternakan yang menjanjikan:

1. Menentukan jenis ternak yang akan dibudidayakan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis ternak yang akan dibudidayakan. Ada banyak jenis ternak yang dapat dibudidayakan, seperti sapi, kambing, domba, ayam, bebek, entok dan puyuh. Setiap jenis ternak memiliki karakteristik dan kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu memilih jenis ternak yang sesuai dengan kondisi wilayah tempat tinggal Anda dan sesuai dengan kemampuan Anda.

2. Membuat perencanaan usaha yang matang

Setelah menentukan jenis ternak yang akan dibudidayakan, Anda perlu membuat perencanaan usaha yang matang. Perencanaan usaha ini harus mencakup hal-hal seperti lokasi peternakan, jumlah ternak yang akan dibudidayakan, biaya yang dibutuhkan, sumber daya manusia yang dibutuhkan, dan pemasaran produk ternak.

3. Mempersiapkan kandang yang baik

Kandang yang baik sangat penting untuk menunjang kesehatan ternak. Kandang harus dibuat dengan bahan yang kuat, bersih, dan nyaman bagi ternak. Kandang juga harus dilengkapi dengan ventilasi yang baik untuk mencegah penyakit.

4. Memberikan pakan yang berkualitas

Pakan yang berkualitas sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan ternak. Pakan harus mengandung nutrisi yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan ternak. Anda dapat membeli pakan dari supplier (penyedia) pakan ternak atau membuat racikan pakan sendiri.

5. Memberikan perawatan yang baik

Ternak perlu dirawat dengan baik agar tetap sehat dan produktif. Perawatan ternak meliputi pemberian pakan yang teratur, sanitasi, biosecurity, vaksinasi, pemberian vitamin, dan penyedia obat-obatan yang dibutuhkan. Anda juga perlu menjaga kebersihan kandang dan lingkungan peternakan agar ternak terhindar dari penyakit yang dapat merugikan peternakan Anda.

6. Memasarkan produk ternak

Setelah ternak Anda siap untuk dijual, Anda perlu memasarkan produk ternak Anda. Anda dapat memasarkan produk ternak Anda sendiri atau melalui agen penjualan (tengkulak/broker/pengempul). Anda juga dapat menjual produk ternak Anda secara online dengan menggunakan fasilitas e-commerce maupun pesan singkat seperti WhatsApp maupun Facebook.

7. Mengelola keuangan usaha dengan baik

Setiap usaha pasti membutuhkan dana untuk operasional. Anda perlu mengelola keuangan usaha Anda dengan baik agar tidak mengalami kerugian. Anda dapat membuat pembukuan untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran usaha Anda minimal setahun sekali.

8. Meningkatkan kualitas produk ternak

Anda perlu terus meningkatkan kualitas produk ternak Anda agar dapat bersaing dengan produk ternak lainnya. Anda dapat meningkatkan kualitas produk ternak Anda dengan memberikan pakan yang berkualitas, pemeliharaan yang baik, dan manajemen yang teratur dan tepat.

9. Menjalin dan Memperluas jaringan dengan peternak lain

Anda dapat memperluas jaringan dengan peternak lain untuk mendapatkan informasi dan pengalaman yang lebih luas. Anda juga dapat bekerja sama maupun berkolaborasi dengan peternak lain untuk melakukan pemasaran produk ternak. Gunakan event seperti bazar peternakan, kontes peternakan maupun pelatihan peternakan, karena disitu banyak para peternak yang sama-sama memiliki visi untuk saling belajar dengan sesama dan menjalin koneksi untuk bisnis maupun menjalin silaturahmi.

10. Tidak ada yang instan, tetap bersabar dan gigih

Memulai usaha peternakan membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit. Anda perlu bersabar dan gigih untuk mencapai kesuksesan. Jangan mudah menyerah jika menemui tantangan dalam usaha Anda, tetap bangkit lakukan evaluasi kinerja peternakan. Jangan pernah tergoyahkan apa yang ingin Anda raih, tetap semangat untuk menjadi pahlawan penyedia sumber protein hewani bagi masyarakat dan pahlawan penyelamat stunting.

Berikut ini adalah beberapa sumber yang dapat Anda baca untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang memulai usaha peternakan:

  • Buku “Berternak Sapi: Sukses dengan Modal Kecil” oleh Drh. Ir. Totok Wijanarto.
  • Buku “Berternak Kambing: Panduan Lengkap Pemeliharaan Kambing dari Pembibitan hingga Pasar” oleh Drh. Totok Wijanarto.
  • Buku “Berternak Ayam: Kiat Sukses Beternak Ayam Pedaging dan Petelur” oleh Drh. Totok Wijanarto.
  • Buku “Berternak Bebek: Panduan Lengkap Pemeliharaan Bebek dari Pembibitan hingga Pasar” oleh Drh. Totok Wijanarto.
  • Buku “Berternak Ikan: Panduan Lengkap Pemeliharaan Ikan dari Pembibitan hingga Panen” oleh Drh. Totok Wijanarto.

Semoga informasi ini bermanfaat, tetap semangat semoga apa yang diinginkan dalam memulai usaha peternakan dapat dimudahkan dan dilancarkan.. Aamiin.. Salam Peternak ✨

Sumber :

10 Tips Bisnis Peternakan Hingga Sukses Ini Wajib Dicoba, Kledo (https://kledo.com/blog/bisnis-peternakan/)
3 Hal Harus Dipertimbangkan Sebelum Membuka Usaha Peternakan, KoinWorks (https://koinworks.com/blog/membuka-usaha-peternakan/)
Cara Memulai Usaha Ternak Kambing dari Awal untuk Pemula, Daya.id (https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pengembangan-diri/cara-memulai-usaha-ternak-kambing-dari-awal-untuk-pemula)

×

Rizki Adi Saputra

Alumni mahasiswa Peternakan, manusia biasa yang memiliki keterampilan copywriting, menulis, desain grafis, videografer dan juga koding. Selain itu juga bergelut di konten kreator dan sosial media spesialis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *