Press ESC to close

Aldhiana : Peternak Milenial Dari Wonosobo Sukses Mengembangkan Peternakan Domba Kambing

Wonosobo – Klikternak. Dunia peternakan agaknya patut dilirik oleh kalangan muda di Kabupaten Wonosobo. Memiliki kontur wilayah yang subur cocok untuk mengembangkan peternakan di wilayah ini. Peluang ini coba dimanfaatkan oleh peternak muda asal Wonosobo, Aldhiana Kusumawati yang mulai mengembangkan peternakan kambing dan domba.

Dhina, sapaan akrabnya, bersama suami dan adiknya, memulai bisnis peternakan sejak tahun 2021. Lokasi peternakannya berada di Dusun Kacepit, Desa Wulungsari, Kecamatan Selomerto.

Alisan Farm Wonosobo, begitu nama peternakan mereka, menempati lahan seluas 5.000 meter persegi. Peternakan ini memiliki area khusus kandang yang dihuni lebih dari 300 ekor domba dan kambing. Selain itu, sebagian lahan juga digunakan sebagai area tanaman rumput pakan ternak.

Apa yang membuat Alisan Farm Wonosobo berbeda adalah konsep yang mereka tawarkan. Nama “Alisan” diambil dari gabungan nama kedua orangtua Dhina, yaitu Alimin dan Santi. Peternakan ini memiliki dua maskot ternak, yaitu seekor domba Marino bernama Ali dan seekor kambing ras bernama Lisa.

Dhina, sebagai seorang peternak muda, menunjukkan tekad dan semangat yang luar biasa dalam mengembangkan bisnis peternakannya. Dengan belajar dari berbagai sumber dan pengalaman lapangan, ia berhasil membudidayakan berbagai jenis kambing dan domba. Mulai dari kambing saanen, peranakan etawa, sapera, jawarandu, alpine, hingga domba lokal, garut, dan domba Wonosobo.

Melihat potensi yang dimiliki oleh peternakan Alisan Farm Wonosobo, Dhina berharap dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk ikut terjun ke dalam bisnis peternakan yang menjanjikan. Dhina sendiri membuktikan bahwa dengan tekad dan semangat yang kuat, serta pengetahuan dan pengalaman yang terus diperoleh, bisnis peternakan dapat berkembang sukses di daerah ini.

Bisnis peternakan kambing dan domba di Kabupaten Wonosobo memang masih belum banyak dikenal. Namun, dengan adanya peternak muda seperti Dhina yang mampu melihat peluang dan mengambil tindakan, diharapkan akan semakin banyak generasi muda yang tertarik untuk ikut mengembangkan sektor peternakan di wilayah ini.

Alisan Farm Wonosobo menjadi salah satu contoh sukses dalam bisnis peternakan, dan dengan semakin banyaknya peternak muda yang ikut berkontribusi, diharapkan sektor peternakan di Kabupaten Wonosobo dapat berkembang pesat dan memberikan manfaat ekonomi yang lebih luas bagi masyarakat setempat (KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *