Press ESC to close

Alumni Polbangtan Bogor Sukses Jadi Peternak Domba

BOGOR – Klik Ternak. Kerja keras dan tidak mudah menyerah menjadi kunci sukses Tedi (24), alumni Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor. Saat ini, ia telah sukses menjadi peternak domba dengan memiliki lebih dari 100 ekor domba di peternakannya yang berada di Desa Pasir Buncir, Kecamatan Caringin, Bogor, Jawa Barat.

“Sektor pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, prospektif dan menguntungkan dan dapat berdampak pada penurunan angka pengangguran serta terjadinya urbanisasi,” kata Dedi dikutip dari mediaindonesia.com.

Tedi menceritakan, ia memulai usaha peternakan dombanya sejak tahun 2016. Awalnya, ia hanya memiliki 10 ekor domba. Namun, dengan kerja keras dan ketekunannya, ia berhasil mengembangkan usahanya hingga memiliki lebih dari 100 ekor domba saat ini.

Tedi mengatakan, ada banyak tantangan yang ia hadapi dalam mengembangkan usaha peternakan dombanya. Salah satu tantangan terbesarnya adalah mendapatkan modal usaha. Namun, ia berhasil mendapatkan bantuan modal dari pemerintah melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Selain itu, Tedi juga menghadapi tantangan dalam menjaga kesehatan dan mutu ternaknya. Ia harus memastikan bahwa ternaknya selalu sehat dan terhindar dari penyakit. Selain itu, ia juga harus memastikan bahwa daging ternaknya memiliki mutu yang baik.

Meskipun menghadapi banyak tantangan, Tedi tetap tidak menyerah. Ia terus belajar dan meningkatkan kemampuannya dalam beternak domba. Ia juga terus mencari informasi dan menjalin kerjasama dengan peternak lain untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman baru.

Kerja keras dan tekad Tedi akhirnya membuahkan hasil. Saat ini, ia telah sukses menjadi peternak domba dengan memiliki lebih dari 100 ekor domba. Ia juga berhasil menjual daging dombanya ke berbagai pasar di Bogor dan sekitarnya.

Kisah sukses Tedi ini bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya yang ingin menjadi peternak. Dengan kerja keras, ketekunan, dan kegigihan, kita bisa mencapai apa pun yang kita inginkan. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *