Press ESC to close

Apakah Ayam Broiler Disuntik Hormon?

Banyak orang beranggapan bahwa ayam broiler cepat besarnya karena disuntik hormon untuk mempercepat pertumbuhan dan menghasilkan daging yang lebih banyak. Namun, hal ini sebenarnya tidak benar. Ayam broiler tidak disuntik dengan hormon.

Hal ini dikarenakan sejak tahun 1950-an, hormon pertumbuhan telah dilarang untuk digunakan dalam produksi ayam di Amerika Serikat dan sejumlah negara lainnya. Di Indonesia, telah disebutkan dalam Undang-Undang No. 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Bahkan, penggunaan hormon pertumbuhan pada hewan ternak dianggap sebagai tindakan ilegal.

Sebaliknya, pertumbuhan ayam broiler yang cepat disebabkan oleh seleksi genetik dan pengembangan pakan yang tepat. Peternak memilih ayam dengan genetika yang tepat untuk memastikan pertumbuhan yang cepat dan mengembangkan pakan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam untuk tumbuh dengan cepat.

Pakan yang diberikan kepada ayam broiler biasanya mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Protein merupakan nutrisi yang paling penting untuk pertumbuhan ayam broiler. Protein digunakan untuk membangun otot dan jaringan tubuh lainnya. Lemak juga dibutuhkan oleh ayam broiler untuk pertumbuhan, tetapi lemak yang diberikan harus dalam jumlah yang terbatas. Karbohidrat merupakan sumber energi bagi ayam broiler. Vitamin dan mineral dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ayam broiler.

Selain pakan yang tepat, pertumbuhan ayam broiler juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Ayam broiler yang dibesarkan di lingkungan yang bersih dan sehat akan tumbuh lebih cepat dan sehat daripada ayam broiler yang dibesarkan di lingkungan yang kotor dan tidak sehat.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ayam broiler tidak disuntik hormon. Pertumbuhan ayam broiler yang cepat disebabkan oleh seleksi genetik dan pengembangan pakan yang tepat.

Pendahuluan

Ayam broiler adalah jenis ayam yang diternakkan untuk diambil dagingnya. Ayam broiler biasanya dibesarkan dalam kandang yang sempit dan padat, dan diberi makan pakan yang mengandung banyak nutrisi. Ayam broiler dapat tumbuh dengan cepat, dan beratnya dapat mencapai 2 kilogram dalam waktu 6 minggu.

Penyebab Pertumbuhan Ayam Broiler yang Cepat

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pertumbuhan ayam broiler yang cepat. Faktor-faktor tersebut adalah:

  • Seleksi genetik: Peternak memilih ayam dengan genetika yang tepat untuk memastikan pertumbuhan yang cepat. Ayam broiler yang diternakkan saat ini memiliki genetika yang jauh lebih baik daripada ayam broiler yang diternakkan pada tahun 1950-an.
  • Pakan yang tepat: Ayam broiler diberi makan pakan yang mengandung banyak nutrisi, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Pakan yang tepat ini membantu ayam broiler untuk tumbuh dengan cepat dan sehat.
  • Lingkungan yang bersih dan sehat: Ayam broiler dibesarkan di lingkungan yang bersih dan sehat. Lingkungan yang bersih dan sehat ini membantu ayam broiler untuk terhindar dari penyakit, sehingga mereka dapat tumbuh dengan cepat dan sehat.

Pakan Ayam Broiler

Pakan yang diberikan kepada ayam broiler biasanya mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Protein merupakan nutrisi yang paling penting untuk pertumbuhan ayam broiler. Protein digunakan untuk membangun otot dan jaringan tubuh lainnya. Lemak juga dibutuhkan oleh ayam broiler untuk pertumbuhan, tetapi lemak yang diberikan harus dalam jumlah yang terbatas. Karbohidrat merupakan sumber energi bagi ayam broiler. Vitamin dan mineral dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ayam broiler.

Lingkungan Ayam Broiler

Ayam broiler dibesarkan di lingkungan yang bersih dan sehat. Lingkungan yang bersih dan sehat ini membantu ayam broiler untuk terhindar dari penyakit, sehingga mereka dapat tumbuh dengan cepat dan sehat. Lingkungan yang bersih dan sehat ini juga membantu ayam broiler untuk merasa nyaman, sehingga mereka dapat makan dan minum dengan baik.

Kesimpulan

Ayam broiler tidak disuntik hormon. Pertumbuhan ayam broiler yang cepat disebabkan oleh seleksi genetik dan pengembangan pakan yang tepat. Pakan yang diberikan kepada ayam broiler biasanya mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Lingkungan yang bersih dan sehat juga membantu ayam broiler untuk tumbuh dengan cepat dan sehat.

Sumber :
Ayam Broiler Disuntik Hormon Ternyata Mitos, Begini Faktanya, Kumparan (https://kumparan.com/berita_viral/ayam-broiler-disuntik-hormon-ternyata-mitos-begini-faktanya-1yBzojq8IKy)

Meluruskan Mitos soal Suntik Hormon pada Ayam Broiler, CNN (https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201104140850-262-565829/meluruskan-mitos-soal-suntik-hormon-pada-ayam-broiler)


Waspadai Bahaya Mengonsumsi Daging Ayam Suntik, Hello Sehat (https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/bahaya-makan-daging-ayam-suntik/)


Jangan Percaya Hoax Ayam Broiler Disuntik Hormon, Kompas (https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/04/172547120/jangan-percaya-hoax-ayam-broiler-disuntik-hormon)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *