Press ESC to close

Daging Merah dan Daging Putih: Apa Perbedaannya?

Daging merah dan daging putih adalah dua jenis daging yang paling umum dikonsumsi oleh manusia. Daging merah berasal dari hewan mamalia, seperti sapi, domba, kambing, dan babi. Daging putih berasal dari hewan unggas, seperti ayam, bebek, dan kalkun.

Daging merah dan daging putih memiliki perbedaan yang mencolok dalam hal kandungan nutrisinya. Daging merah lebih tinggi kandungan protein dan zat besi, sedangkan daging putih lebih rendah kandungan lemak dan kolesterol.

Daging merah juga mengandung vitamin B12 yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Vitamin B12 berperan dalam pembentukan sel darah merah, metabolisme energi, dan fungsi sistem saraf.

Konsumsi daging merah yang berlebihan dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker tertentu. Hal ini karena daging merah mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi.

Daging putih, di sisi lain, dianggap lebih sehat daripada daging merah. Daging putih memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang lebih rendah, sehingga lebih baik untuk kesehatan jantung.

Namun, daging putih juga memiliki kandungan vitamin B12 yang lebih rendah daripada daging merah. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi sumber vitamin B12 yang lain, seperti telur, susu, dan produk olahan susu.

Untuk hidup sehat, penting untuk memperhatikan pilihan makanan kita. Pilihlah dengan bijak antara daging merah dan daging putih, sesuai dengan kebutuhan tubuh dan selalu menjaga gaya hidup sehat dan seimbangkan dengan olahraga rutin.

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih daging yang sehat:

* Pilih daging yang segar dan tidak mengandung lemak yang terlihat.
* Perhatikan warna daging. Daging yang segar berwarna merah muda atau merah muda.
* Hindari daging yang berwarna abu-abu atau coklat.
* Perhatikan bau daging. Daging yang segar tidak berbau.
* Masak daging dengan cara yang sehat, seperti direbus, dikukus, atau dipanggang.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda bisa memilih daging yang sehat dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Sumber :

https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/daging-merah-vs-daging-putih-mana-yang-lebih-kaya-gizi

https://ygi.or.id/daging-putih-dan-daging-merah-mana-yang-lebih-sehat/2/

https://www.gooddoctor.co.id/hidup-sehat/nutrisi/daging-putih-vs-daging-merah-lebih-sehat-mana/

https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/nutrition-basics/meat-poultry-and-fish-picking-healthy-proteins

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *