Press ESC to close

Dong Tao : Ayam Berkaki Gajah dari Vietnam

Ayam Dong Tao atau yang dikenal juga sebagai ayam naga merupakan salah satu spesies ayam yang menarik dan eksklusif. Ditemukan pertama kali di desa Dong Tao, Provinsi Thanh Hoa, Vietnam, ayam ini telah ada sejak abad ke-15. Pada awalnya, ayam Dong Tao hanya diternakkan oleh keluarga kerajaan Vietnam, namun pada abad ke-20, masyarakat umum mulai tertarik dan ikut menernakkan ayam ini.

Salah satu ciri khas yang membedakan ayam Dong Tao adalah ukuran kakinya yang besar dan berwarna biru. Hal ini disebabkan oleh kandungan melanin yang terdapat di dalam dagingnya. Kandungan melanin ini memberi warna khusus pada daging ayam Dong Tao dan juga memberikan rasa yang sangat lezat. Selain itu, ayam Dong Tao memiliki bulu yang berwarna hitam dan putih yang membuatnya terlihat anggun dan menarik. Berat badannya juga mencapai 6-8 kilogram, menjadikannya salah satu jenis ayam yang cukup besar.

Tidak mengherankan bahwa ayam Dong Tao menjadi salah satu jenis ayam paling mahal di dunia. Harganya bisa mencapai 500 dolar Amerika Serikat per ekor. Harga yang tinggi ini disebabkan oleh keunikan dan kelezatan daging ayam Dong Tao. Namun, keunikan ayam Dong Tao juga menjadi tantangan dalam proses penernakkan. Ayam ini membutuhkan perawatan khusus dan sulit untuk diternakkan secara massal.

Meski harga dan tantangan dalam penernakkan ayam Dong Tao cukup tinggi, minat terhadap ayam ini terus meningkat. Banyak orang tertarik untuk mencicipi kelezatan daging dan mengagumi keindahan penampilannya. Ayam Dong Tao juga telah menjadi daya tarik tersendiri dalam industri peternakan, terutama di Vietnam.

Dengan keunikan dan kelezatannya, ayam Dong Tao telah berhasil menarik perhatian publik secara global. Keberadaannya menginspirasi para peternak dan mengundang rasa penasaran bagi pecinta ayam serta penggemar kuliner. Dalam dunia yang terus berkembang, ayam Dong Tao tetap menjadi salah satu contoh nyata keanekaragaman hayati yang menarik untuk dipelajari dan dinikmati.


Sumber :

Ayam Dong Tao, Wikipedia (https://id.wikipedia.org/wiki/Ayam_Dong_Tao)

Ini 9 Fakta Unik Ayam Dong Tao Berasal dari Vietnam, dengan Harga yang Terbilang Fantastik, BETV (https://betv.disway.id/read/12061/ini-9-fakta-unik-ayam-dong-tao-berasal-dari-vietnam-dengan-harga-yang-terbilang-fantastik)

worldwidescience.org (https://worldwidescience.org/topicpages/d/dong+wu+yang.html)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *