Press ESC to close

Mahasiswa Disabilitas Universitas Muhammadiyah Purworejo Ciptakan Pakan Ternak yang Bisa Mencegah Stunting

Purworejo – Klik Ternak. Sebuah inovasi baru telah dilakukan oleh sekelompok mahasiswa disabilitas di Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP). Mereka berhasil menciptakan pakan ternak yang memiliki potensi untuk mencegah stunting pada hewan ternak. Pakan ternak ini dinamai Azolla Herbal dan Bima, dan diproduksi di Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Kelompok mahasiswa disabilitas yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Difabel (Kamadifa) UM Purworejo merupakan pelaku di balik terciptanya pakan ternak ini. Salah satu mahasiswa pencipta pakan ternak tersebut adalah Suwardi, yang berusia 43 tahun. Ia menjelaskan bahwa produk yang mereka ciptakan terbuat dari bahan-bahan herbal yang memiliki banyak manfaat.

“Kita memproduksi Azolla Herbal, yang berguna untuk mencegah stunting pada ternak dan menjaga ternak tidak mudah terserang penyakit. Sementara ini untuk Azolla masih kita uji coba kepada ayam. Ke depan akan kita uji coba lagi ke ternak yang lainnya.” Ujar Suwardi dikutip dari Kompas.com

Azolla Herbal, salah satu produk yang dihasilkan, diklaim memiliki kemampuan untuk mencegah stunting pada hewan ternak dan menjaga agar ternak tidak mudah terserang penyakit. Keunggulan dari bahan-bahan herbal yang digunakan adalah meningkatkan nafsu makan hewan ternak, sehingga dapat mencegah stunting.

Meskipun demikian, dalam memproduksi pakan ternak ini, kelompok mahasiswa disabilitas menghadapi kendala dalam mendapatkan bahan baku. Suwardi menyebutkan, “Kita kesulitan mendapatkan bahan baku utama, yakni Azolla Microphylla di Purworejo. Kita harus mencarinya hingga ke daerah lain, seperti Kebumen.”

Selain Azolla Herbal, kelompok mahasiswa disabilitas juga memproduksi pakan ternak khusus untuk ikan yang diberi nama Bima. Pakan ini terbuat dari Magot dan bahan-bahan herbal lainnya, seperti kunyit, tepung jagung, dan rempah-rempah lainnya.

Dalam sebulan, mereka mampu memproduksi puluhan kilogram pakan ternak. Bahkan, produk yang telah mereka ciptakan sudah menjangkau beberapa daerah di luar Kabupaten Purworejo, seperti Tangerang dan Wonosobo. Selain itu, mereka juga menjual produk pakan ternak ini melalui toko-toko pakan ternak.

Inovasi yang dilakukan oleh mahasiswa disabilitas Universitas Muhammadiyah Purworejo ini memberikan harapan baru dalam mencegah stunting pada hewan ternak. Selain itu, inovasi ini juga menjadi contoh inspiratif tentang kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh individu dengan disabilitas. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *