Press ESC to close

Mengatur suhu tubuh ternak selama masa panas atau stres dingin

Suhu tubuh normal pada sapi berkisar antara 38,2 – 39,1 derajat Celsius. Ketika suhu lingkungan meningkat, sapi akan berusaha untuk mengeluarkan panas tubuh, sementara saat suhu lingkungan turun, mereka akan berusaha mendapatkan panas dari lingkungan sekitarnya.

Cara Sapi Mengatur Suhu Tubuh Ketika Panas :

  1. Berkeringat: Salah satu cara utama yang digunakan sapi untuk mengatasi panas adalah dengan berkeringat. Saat berkeringat, air akan menguap dari permukaan kulit sapi, mengambil panas dari tubuh mereka sehingga suhu tubuh menjadi lebih rendah.
  2. Membuka Mulut: Sapi juga membuka mulut mereka secara lebar-lebar saat merasa panas. Ini membantu mereka mengeluarkan panas melalui pernapasan yang cepat dan dangkal.
  3. Berendam di Air: Sapi akan mencari tempat berendam di air ketika cuaca panas. Air akan menyerap panas dari tubuh sapi, memberikan rasa sejuk dan menurunkan suhu tubuh mereka.
  4. Duduk di Tempat yang Teduh: Untuk menghindari sinar matahari langsung, sapi akan mencari tempat yang teduh. Paparan sinar matahari langsung dapat meningkatkan suhu tubuh mereka secara signifikan.

Cara Sapi Mengatur Suhu Tubuh Ketika Dingin

  1. Menyusutkan Bulu: Ketika suhu turun, sapi akan menyusutkan bulu mereka. Ini bertujuan mengurangi ruang udara di antara bulu-bulu mereka, yang pada gilirannya akan mengurangi kehilangan panas tubuh melalui konduksi udara.
  2. Berkumpul: Sapi akan berkumpul bersama untuk saling menghangatkan. Mereka saling memanfaatkan panas tubuh satu sama lain.
  3. Berbaring: Sapi akan berbaring untuk menghemat energi. Dengan berbaring, tubuh mereka lebih dekat ke tanah, yang lebih efisien dalam menyerap panas dari tanah.
  4. Makan: Sapi akan makan lebih banyak untuk menghasilkan panas tubuh melalui proses pencernaan makanan. Ini membantu menjaga suhu tubuh mereka tetap stabil.

Pentingnya Menjaga Suhu Tubuh Sapi

Sapi yang mengalami stres panas atau dingin dapat mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti penurunan konsumsi pakan, penurunan produksi susu, dan peningkatan risiko penyakit. Oleh karena itu, penting bagi peternak untuk menjaga suhu tubuh sapi agar tetap nyaman. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga suhu tubuh sapi termasuk:

  • Memastikan Kandang Sapi memiliki Ventilasi yang Baik: Ventilasi yang baik akan membantu menjaga suhu dan kelembaban di dalam kandang tetap nyaman.
  • Memasang Atap yang Dapat Melindungi dari Sinar Matahari Langsung: Atap yang dapat melindungi sapi dari sinar matahari langsung sangat penting untuk mencegah kenaikan suhu tubuh.
  • Menyediakan Tempat untuk Berendam di Air: Memiliki akses ke air akan membantu sapi mendinginkan diri mereka saat cuaca panas.
  • Memberikan Pakan Berkualitas Tinggi: Pakan berkualitas tinggi akan membantu sapi menghasilkan panas tubuh lebih efisien.
  • Menjaga Kebersihan Kandang: Kandang yang bersih membantu mengurangi risiko penyakit yang dapat mempengaruhi suhu tubuh sapi.

Demikianlah informasi mengenai cara sapi mengatur suhu tubuh mereka. Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana hewan ternak yang berharga ini menjaga kesehatan dan kenyamanan mereka dalam berbagai kondisi cuaca.

Sumber :
Mengatur suhu tubuh ternak selama masa panas atau stres dingin (beefmagazine.com)https://www.beefmagazine.com/cattle-health/regulating-cattle-body-temperature-during-times-of-heat-or-cold-stress

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *