Press ESC to close

Pabrik Pakan Ternak Ayam Pertama Hadir di Papua Selatan

Merauke – Klik Ternak. Pabrik pakan ternak ayam pertama di Papua Selatan resmi beroperasi di SP 9 Tanah Miring Kabupaten Merauke, Sabtu (9/9/2023). Pabrik ini milik PT Timur Nusa Sejahtera (PTNS).

Pembukaan pabrik pakan ayam ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Asisten 1 Setda Provinsi Papua Selatan, Drs. Agustinus Joko Guritno.

Pemilik PTNS, Suwoyo mengatakan, pabrik pakan ayam ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak ayam ras di Papua Selatan. Selama ini, pakan ternak ayam ras di Papua Selatan masih dipasok dari luar daerah.

“Harapannya kita bisa swasembada pakan ternak di selatan dengan bahan bakunya dari lokal dan masyarakat setempat semakin diberdayakan karena kita serap produk pangan lokalnya,” kata Suwoyo, dikutip suara.merauke.go.id

Suwoyo menambahkan, pabrik pakan ayam ini juga akan menyerap tenaga kerja lokal. Saat ini, pabrik tersebut sudah mempekerjakan 20 orang karyawan.

Pemprov Papua Selatan menyambut baik kehadiran pabrik pakan ternak ayam ini. Pj Gubernur Papua Selatan, Dr. Ir. Apolo Safanpo mengatakan, pabrik ini akan menjadi awal yang baik untuk mengembangkan peternakan ayam ras di Papua Selatan.

“Kami beri apresiasi dan kami sambut baik. Ini sebagai awal yang baik untuk mengajak masyarakat ikut berkontribusi menyiapkan bahan baku lokal,” tutur Safanpo.

Pakan ternak ayam ras yang diproduksi di PTNS berasal dari bungkil kedelai, jagung, dedak, ikan kering, dan kerang. Dari bahan-bahan tersebut, komoditas jagung paling banyak dibutuhkan hingga 52 persen dari bahan baku lainnya.

PTNS siap menampung jagung dari petani lokal jika mereka berkomitmen untuk konsisten mensuplai bahan baku tersebut.

Dengan beroperasinya pabrik pakan ternak ayam ini, diharapkan akan dapat meningkatkan produksi ayam ras di Papua Selatan. Selain itu, juga akan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan lokal yang menjadi pemasok bahan baku pakan ternak. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Comments (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *