Press ESC to close

Pemuda Ngawi Gelorakan Budidaya Kambing PE Lewat Kontes Ternak

Ngawi – Klik Ternak. Budidaya kambing PE di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, terus menggeliat. Hal ini tak lepas dari peran aktif para pemuda yang turut memajukan sektor peternakan di daerah tersebut.

Salah satu pemuda yang berperan aktif dalam budidaya kambing PE (Peranakan Etawa) adalah Ari Wibowo. Pria berusia 30 tahun ini merupakan salah satu pendiri komunitas peternak kambing PE di Ngawi.

Ari Nurahman, salah satu pemuda gelorkan ternak kambing PE di Desa Pandansari, (Sumber foto : Ari for TIMES Indonesia)

Ari mengungkapkan, kontes kambing PE menjadi salah satu wadah dalam upaya meningkatkan kualitas kambing PE di Ngawi. Melalui kontes, peternak dapat saling belajar dan bertukar informasi dengan para peternak lain tentang mengenai cara membudidayakan kambing PE yang baik.

“Kambing yang menang kontes bernilai harganya. Ada yang jutaan rupiah, sampai yang termahal Rp60 juta,” kata Ari, dikutip dari timesindonesia.com.

Ari berharap, dengan adanya kontes kambing PE, peternak di Ngawi dapat terus meningkatkan kualitas kambingnya. Dengan demikian, kambing PE dari Ngawi dapat bersaing dengan kambing PE dari daerah lain.

Selain kontes, Ari juga melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan budidaya kambing PE di Ngawi. Salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan kepada para peternak.

“Kami juga sering menggelar seminar untuk meningkatkan pengetahuan peternak,” tambahnya.

Upaya yang dilakukan Ari dan para pemuda lainnya telah membuahkan hasil. Saat ini, budidaya kambing PE di Ngawi semakin berkembang. Hal ini terbukti dari meningkatnya jumlah peternak kambing PE di Ngawi.

“Sekarang, alhamdulillah sudah ada sekitar 100 peternak kambing PE di Ngawi,” kata Ari.

Keberhasilan budidaya kambing PE di Ngawi menjadi inspirasi bagi pemuda lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa pemuda memiliki peran penting dalam pembangunan daerah lewat budidaya kambing, karena peternak kambing tidak mengenal umur.

Kisah Ari Wibowo dapat menjadi inspirasi bagi pemuda lainnya. Pemuda tidak hanya bisa berkarya di bidang industri atau teknologi, tetapi juga di bidang pertanian dan peternakan.

Dengan semangat dan kerja keras, pemuda dapat menjadi agen perubahan dan memajukan daerahnya. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *