Press ESC to close

Puluhan Ekor Sapi Didatangkan dari Natuna untuk Memenuhi Stok Hewan Potong dan Kurban di Bintan

Natuna – Klik Ternak. Puluhan ekor sapi akan didatangkan dari Midai, Natuna untuk memenuhi stok hewan potong dan kurban di Bintan.

“Jumlahnya 20 ekor sapi yang akan didatangkan ke Bintan,” kata Pejabat Otoritas Veteriner, drh. Iwan Berri Prima, dikutip dari batampos.jawapos.com.

Rencananya, sapi-sapi ini akan diangkut menggunakan KM Tegar Putra dalam rentang waktu tanggal 7 hingga 12 September 2023. Setibanya di Bintan, sapi-sapi tersebut akan ditempatkan di kandang peternak di Kampung Sinjang, Desa Toapaya, Kecamatan Toapaya, Bintan.

Dalam hal ini, drh. Iwan Berri Prima menjelaskan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan satuan tugas Penyakit Menular Hewan (PMK) Kabupaten Bintan dan instansi karantina pertanian Tanjungpinang terkait lalu lintas hewan. Hal ini dilakukan sesuai dengan ketentuan UU 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan.

Ia juga menekankan pentingnya mematuhi prosedur karantina dalam memasukkan hewan dari luar Bintan. Setiap orang yang memasukkan atau mengeluarkan hewan dari suatu area ke area lain di dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib melengkapi sertifikat kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Dengan kedatangan puluhan ekor sapi dari Natuna, diharapkan stok hewan potong dan kurban di Bintan dapat terpenuhi. Keberadaan sapi-sapi ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat Bintan dalam memenuhi kebutuhan daging selama periode kurban dan kegiatan lainnya yang memerlukan hewan potong. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *