Press ESC to close

Telur Biru Ayam Birma, Unik dan Kaya Nutrisi

Telur ayam biasanya memiliki warna putih atau cokelat. Tetapi tahukah Anda bahwa ada jenis ayam yang menghasilkan telur berwarna biru? Ayam tersebut adalah ayam birma, yang berasal dari Myanmar.

Ayam birma memiliki ciri khas berupa penghasil telur berwarna hijau kebiruan. Warna telur ini disebabkan oleh kombinasi pigmen protoporfirin dan biliverdin yang terdapat dalam cangkangnya.

Pigmen protoporfirin adalah pigmen merah yang ditemukan dalam darah dan jaringan. Biliverdin adalah pigmen kuning-hijau yang terbentuk dari penguraian hemoglobin dalam darah.

Ayam birma memiliki mutasi genetik yang menyebabkan produksi protoporfirin dan biliverdin yang berlebihan. Protoporfirin dan biliverdin ini kemudian diserap ke dalam cangkang telur, sehingga menyebabkan telur berwarna biru.

Selain ayam birma, ayam araucana dan ayam ameraucana juga memiliki mutasi genetik yang sama, sehingga menghasilkan telur berwarna biru.

Telur biru ayam birma tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memiliki rasa yang lezat dan kaya nutrisi baik mineral maupun protein. Konsumsi telur biru dapat meningkatkan stamina dan kondisi badan agar bugar.

Berikut adalah beberapa manfaat telur biru ayam birma:

  • Meningkatkan stamina
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membantu mengontrol berat badan
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan mata
  • Meningkatkan kesehatan kulit

Jika Anda tertarik untuk mencoba telur biru ayam birma, Anda bisa membelinya di pasar tradisional atau supermarket. Harga telur biru ayam birma biasanya lebih mahal daripada telur ayam biasa.

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *