Press ESC to close

Tingkatkan Kompetensi Peternak Milenial ASEAN Lewat Online Training Kesehatan Hewan

Bogor – Klikternak. Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan telah mengadakan Online Training on Animal Husbandry and Health Management for ASEAN Countries 2023 dengan tujuan meningkatkan kompetensi peternak milenial di kawasan ASEAN. Pelatihan ini diikuti oleh 17 orang peternak milenial dari 8 negara ASEAN dan berlangsung selama 3 hari pada tanggal (19-21/2023)

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dalam pembukaan acara tersebut, menyatakan bahwa ASEAN merupakan sebuah kawasan dan pasar tunggal yang harus dikelola dengan baik. Menurutnya, manajemen dan kesehatan hewan sangat penting dalam mendukung produktivitas ternak di ASEAN.

“ASEAN harus menjadi tren kepentingan Global. Terutama dalam manajemen dan Kesehatan Hewan untuk mendukung produktivitas ternak.” ujar Syahrul Yasin Limpo dikutip dari jpnn.com.

Krisis iklim yang sedang terjadi saat ini telah mengganggu ketahanan pangan, dan untuk mengatasi hal ini, kerjasama antarnegara di ASEAN menjadi sangat penting. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah teknologi pertanian, budidaya peternakan, dan mekanisasi pertanian.

Dalam pelatihan online ini, peserta akan mendapatkan informasi tentang pemeliharaan hewan ternak, terutama terkait penyakit hewan yang sering muncul, seperti Mulut dan Kuku (PMK), penyakit lumpy skin disease (LSD), dan flu burung yang menjadi endemik di kawasan ASEAN. Pelatihan ini juga akan membahas vaksinasi, perawatan kesehatan rutin, manajemen stres, serta pemeliharaan kebersihan dan higienitas.

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi, menjelaskan bahwa pelatihan online ini merupakan tugas dari Indonesia dalam ASEAN Working Group di Laos 2023. Pelatihan ini akan dilakukan oleh Balai Besar Pelatihan Peternakan dan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan produksi ternak di ASEAN dapat ditingkatkan melalui penanggulangan penyakit hewan.

Wasis Sarjono, Kepala BBPKH, menambahkan bahwa pemeliharaan dan kesehatan hewan ternak merupakan faktor penting dalam menjaga keberhasilan peternakan yang berkelanjutan. Hewan ternak yang sehat tidak hanya meningkatkan produktivitas peternakan, tetapi juga memastikan kualitas produk yang dihasilkan.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada peternak milenial tentang kebutuhan hewan ternak mereka dan cara mengatasi masalah kesehatan yang mungkin timbul. Selain itu, pelatihan juga membantu mereka mengadopsi praktik terbaru dalam industri peternakan yang terus berkembang.

Dengan adanya Online Training on Animal Husbandry and Health Management for ASEAN Countries 2023, diharapkan kompetensi peternak milenial di kawasan ASEAN dapat ditingkatkan dan industri peternakan dapat menjadi lebih tangguh di tengah tantangan global yang ada. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *