Press ESC to close

Mahasiswa Peternakan IPB Ciptakan Alat Flushing Hidrolik untuk Pembersihan Limbah Peternakan

Bogor – Klik Ternak. Mahasiswa Program Studi Teknologi dan Manajemen Ternak Institut Pertanian Bogor (IPB) menciptakan alat flushing hidrolik untuk memudahkan pembersihan limbah peternakan. Alat ini diberi nama “Flushing with Cylinder Hydraulic Pressure System” atau Sistem Pembersihan dengan Tekanan Hidrolik Silinder.

Alat ini dirancang oleh Ahmad Ahlam Saniy, mahasiswa Prodi Teknologi & Manajemen Ternak dan salah satu Kader PMII IPB bersama rekannya yaitu: Andy Setiawan, Sundari, Muthya, dan Hadi Rahmanto. Mereka merupakan Mahasiswa IPB angkatan 58.

Flushing with Cylinder Hidraulic Pressure System, inovasi Mahasiswa Teknologi dan Manajemen Ternak Sekolah Vokasi, Sumber : Istimewa

Flushing merupakan sistem pembersihan limbah hasil ternak yang menggunakan metode penyemprotan dengan tekanan air. Alat ini memiliki manfaat, yaitu membersihkan kotoran sapi dengan lebih efisien, menghemat tenaga kerja, dan memungkinkan peternakan untuk mencapai swasembada.

Cara kerja alat ini sangat sederhana namun efektif.  Hidrolik Silinder berfungsi sebagai perantara untuk jalanya air dengan tegangan konstan pegas yang berguna sebagai menggerakkan bends kerja melawan fluids, atau menekan dan menghantarkan air supaya feses sapi terdorong kedalam selokan dengan tekanan hidrotastis

Apresiasi dosen, alumni dan asisten dosen (Sumber Foto : Istimewa)

Inovasi ini mendapat apresiasi dari para dosen, alumni, dan asisten dosen yang hadir dalam acara “The 2nd Innovation Gallery” yang digelar oleh Program Studi Teknologi dan Manajemen Ternak IPB pada hari Senin (05/06/23).

Suasana acara pameran “The 2nd Innovation Gallery”, (Sumber Foto : Istimewa)

Alat Flushing Hidrolik sebagai solusi yang cerdas dalam memudahkan peternak dalam melakukan pembersihan kandang dan limbah ternak.

Ahlam dan rekan kelompoknya mendapatkan penghargaan dan piagam (Sumber Foto : Istimewa)

Ahlam dan timnya berhasil meraih juara kedua dalam event tersebut. Keberhasilan ini semakin menguatkan harapan mereka untuk memberikan solusi yang efisien dan efektif dalam penanganan limbah peternakan.

“Dengan inovasi ini, kami berharap dapat memudahkan peternakan masyarakat dalam menangani limbah secara efisien dan efektif,” ujar Ahlam saat ditemui oleh awak media Klik Ternak, Minggu (09/09/2023).

Ahlam sendiri belajar secara otodidak dalam menciptakan prototipe alat ini, terinspirasi dari cara kerja hidrolik tekanan penggerak pintu automatis dan dikaitkan permasalahan yang dihadapi oleh peternakan, akhirnya tercetus inovasi tersebut.

Inovasi Ahlam dan timnya menjadi inspirasi bagi banyak orang, menunjukkan bahwa dengan semangat belajar dibidang apapun itu dan kreativitas tanpa batas serta mampu menemukan masalah disekitar, kita dapat menciptakan solusi yang cerdas dan bermanfaat bagi masyarakat disekitar, khususnya untuk peternak. (KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *