Press ESC to close

Pemkab Bojonegoro Gelar Kontes dan Pameran Ternak, Tingkatkan Produktivitas Peternakan

Bojonegoro – Klik Ternak. Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) menggelar Kontes dan Pameran Ternak Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu (21-22/11/2023) di pasar hewan Desa Kedungbondo, Kecamatan Balen.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Pengolahan, dan Pemasaran Hasil Peternakan, Disnakkan Bojonegoro, drh Lutfi Nurahman mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merangsang sekaligus menambah wawasan masyarakat dalam pengembangan usaha peternakan.

“Kegiatan ini juga bertujuan mengukur kemajuan perkembangan usaha peternakan di Bojonegoro, meningkatkan populasi dan produktivitas sektor peternakan, serta merangsang pertumbuhan hilirisasi mandiri melalui inovasi olahan produk hasil peternakan,” kata Lutfi dikutip dari jatimnow.com.

Adapun hewan ternak yang dikonteskan adalah sapi dengan beberapa kategori, meliputi kategori Jantan Cross, Jantan Peranakan Ongole (PO), Induk Peranakan Ongole (PO), Bakalan Jantan Cross dan Calon Induk Peranakan Ongole (PO).

Sedangkan pameran ternak meliputi sapi unggulan Belgian Blue, Sapi Wagyu, sapi hasil transfer embrio, produk olahan hasil peternakan, dan produk olahan hasil perikanan.

Peserta kontes dan pameran ternak ini dapat diikuti oleh seluruh peternak di Kabupaten Bojonegoro dengan sejumlah syarat. Para peserta tidak hanya berkesempatan memamerkan ternak saja, tetapi juga memiliki peluang memenangkan hadiah menarik, diantaranya uang tunai, tropi, dan piagam penghargaan.

“Untuk hadiah uang tunai Juara 1 sebesar Rp 5 juta, Juara 2 Rp 4,5 juta, Juara 3 Rp 4 juta dan Juara Harapan 1 Rp 3,5 juta,” beber Lutfi.

Lutfi berharap kegiatan kontes dan pameran ternak ini dapat menjadi momentum bagi peternak untuk bersaing sekaligus saling belajar, menciptakan komunitas peternakan yang semakin maju dan berinovasi.

“Acara ini juga menjadi ajang promosi potensial bagi produk peternakan lokal Bojonegoro, menggambarkan keberhasilan dan kemajuan dalam dunia peternakan modern,” pungkas Lutfi.

Kegiatan kontes dan pameran ternak ini disambut antusias oleh para peternak di Kabupaten Bojonegoro. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftarkan ternaknya untuk mengikuti kontes.

Salah satu peternak yang ikut serta dalam kontes ini adalah Suwito, warga Desa Kedungbondo, Kecamatan Balen. Ia membawa sapi jenis PO miliknya untuk mengikuti kontes di kategori Jantan Cross.

“Saya berharap sapi saya bisa menjadi juara,” kata Suwito.

Selain kontes, kegiatan pameran ternak juga menarik perhatian pengunjung. Berbagai jenis ternak, mulai dari sapi, kambing, ayam, hingga ikan, dipamerkan dalam kegiatan ini.

Tak hanya itu, produk-produk olahan hasil peternakan, seperti susu, daging, dan telur, juga turut dipamerkan dalam kegiatan ini. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *