Press ESC to close

Produksi Telur 14 Ton, Mimika Jadi Penyangga Telur Ayam di Papua Tengah

Mimika – Klik Ternak. Kabupaten Mimika, Papua, menjadi penyangga kebutuhan telur ayam di wilayah Papua Tengah. Hal ini dikarenakan produksi telur ayam di Mimika mencapai 14 ton per hari.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika Sabelina Fitriani mengatakan, Mimika telah swasembada telur ayam sejak beberapa tahun terakhir. Bahkan, produksi telur ayam di Mimika mampu memenuhi kebutuhan kabupaten tetangga.

“Produksi telur kita melimpah maka Mimika menjadi kabupaten penyangga yang mensuplai telur ayam ke daerah lain di Papua Tengah,” kata Sabelina kepada media, dikutip dari fajarpapua.com Sabtu (19/11).

Salah satu daerah yang mendapat suplai telur ayam dari Mimika adalah Wamena. Namun, pengiriman telur ayam ke Wamena tidak setiap hari karena kendala transportasi udara.

“Memang untuk ke Wamena hanya bisa dijangkau melalui jalur udara menggunakan pesawat, meskipun tidak setiap hari pesawat ada tetapi kami selalu distribusi ke sana,” ujar Sabelina.

Selain memenuhi kebutuhan telur ayam di wilayah Papua Tengah, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Mimika juga melakukan inovasi dengan memproduksi telur omega-3. Telur omega-3 ini merupakan telur ayam yang mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan.

“Telur omega-3 ini sangat baik untuk kesehatan, karena mengandung anti inflamasi yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh manusia,” kata Sabelina.

Sabelina menambahkan, produksi telur omega-3 di Mimika akan meningkatkan ekonomi peternak dan konsumen. Hal ini dikarenakan telur omega-3 dijual dengan harga yang lebih tinggi dari telur ayam biasa.

“Kami mencoba berinovasi memproduksi telur ayam omega-3 sebagai upaya meningkatkan perekonomian peternak dan kesehatan konsumen,” tutupnya.

Potensi Ekonomi Telur Ayam Omega-3

Produksi telur omega-3 di Mimika memiliki potensi ekonomi yang besar. Hal ini dikarenakan telur omega-3 memiliki harga yang lebih tinggi dari telur ayam biasa.

Menurut Sabelina, harga telur omega-3 di Mimika berkisar antara Rp 25.000-30.000 per kilogram. Sementara harga telur ayam biasa hanya berkisar antara Rp 15.000-20.000 per kilogram.

Dengan harga yang lebih tinggi, maka produksi telur omega-3 di Mimika dapat meningkatkan ekonomi peternak. Selain itu, telur omega-3 juga dapat meningkatkan kesehatan konsumen.

Asam lemak omega-3 memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker. Asam lemak omega-3 juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan daya ingat.

Dengan potensi ekonomi dan manfaat kesehatan yang besar, maka produksi telur omega-3 di Mimika dapat menjadi salah satu potensi ekonomi unggulan di wilayah Papua Tengah.(RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Comments (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *