Press ESC to close

Mahasiswi UGM Raih Penghargaan Peneliti Terbaik Indofood Riset Nugraha

Yogyakarta – Klik Ternak. Susmitha Oliviani Cahyaningrum, mahasiswi dari Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM), berhasil meraih penghargaan Peneliti Terbaik dalam Program Indofood Riset Nugraha (IRN) 2022-2023. Susmitha menjadi yang terbaik setelah lolos seleksi dan bersaing dengan 65 mahasiswa yang berasal dari 39 universitas di Indonesia, pada Rabu (29/11/2023).

Penghargaan ini diberikan berdasarkan pada hasil penilaian yang meliputi lima aspek yakni pelaksanaan penelitian, mutu penelitian, teknik presentasi, penguasaan materi, dan sikap peneliti. Acara penganugerahan sendiri telah berlangsung pada bulan Oktober 2023 lalu secara daring.

Dalam penelitiannya, Susmitha mengangkat tema “Minyak Larva Black Soldier Fly (BSFL) dalam Pengembangan Pangan Fungsional pada Daging Unggas”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan minyak BSFL menjadi suplemen yang dapat menurunkan kadar lemak dan kolesterol pada daging unggas.

Minyak BSFL merupakan produk sampingan dari budidaya larva BSFL yang memiliki kandungan asam laurat yang tinggi. Asam laurat memiliki efek hipolipidemik yang dapat membantu menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh.

Penelitian ini dilakukan secara in vivo menggunakan ayam broiler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daging ayam broiler yang diberi suplemen minyak BSFL memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang lebih rendah. Hal ini didukung dengan data molekular yang juga memperlihatkan terjadinya penurunan pada ekspresi beberapa gen kunci yang terlibat dalam metabolisme lemak dan kolesterol.

Susmitha mengaku saat ini ia melanjutkan pendidikan magister melalui program fast-tract melalui Beasiswa Unggulan. Menurutnya penelitian lanjutan tentang pemanfaatan daging ayam broiler yang dihasilkan pada penelitian sebelumnya masih memerlukan pendalaman.

Daging ayam yang dihasilkan dari penambahan suplemen pakan berbahan minyak BSFL, disebutnya, juga mengandung asam laurat yang tinggi. Penelitian lanjutan yang akan dilakukan selama ia menempuh pendidikan magister adalah pengujian daging ayam broiler terhadap mencit.

“Data tersebut akan memberikan informasi secara komprehensif dampak mengonsumsi daging yang dihasilkan dari ayam yang diberi suplemen pakan berbahan minyak BSFL terhadap metabolisme lemak dan kolesterol tubuh,” terangnya, dikutip dari ugm.ac.id.

Pencapaian Susmitha ini merupakan kebanggaan bagi UGM dan Indonesia. Penelitiannya menunjukkan bahwa potensi minyak BSFL dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan produk pangan fungsional yang aman dan bermanfaat bagi kesehatan. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *