Press ESC to close

Pabrik Pakan Kalteng Jadi Solusi Peternakan Unggas Mandiri

Parenggean – Klik Ternak. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Sekda Kalteng), Nuryakin, berharap hadirnya pabrik pakan Kalteng dapat menjadi solusi peternakan unggas mandiri. Hal tersebut disampaikan Nuryakin saat meninjau pembangunan pabrik pakan di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotawaringin Timur, Rabu (20/12/2023).

“Kehadiran pabrik pakan di Kalteng diharapkan menjadi solusi bagi permasalahan usaha peternakan unggas mandiri,” ungkap Nuryakin dalam keterangannya, Rabu malam, dikutip dari borneonews.com.

Nuryakin menjelaskan, selama ini peternak unggas mandiri di Kalteng masih kesulitan mendapatkan pakan yang berkualitas dan terjangkau. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pasokan pakan yang berasal dari luar daerah.

Dengan adanya pabrik pakan Kalteng, diharapkan kebutuhan pakan ternak unggas di provinsi ini dapat terpenuhi dengan baik. Hal ini akan mendorong pengembangan usaha peternakan unggas mandiri di Kalteng.

Selain itu, Nuryakin juga berharap kehadiran pabrik pakan Kalteng dapat menarik minat investasi dalam pengembangan usaha peternakan lainnya.

“Pabrik pakan ini diharapkan dapat menjadi katalisator bagi pengembangan usaha peternakan lainnya, seperti peternakan sapi, kambing, dan ikan,” kata Nuryakin.

Nuryakin menyampaikan, pihaknya sengaja melakukan peninjauan pembangunan di beberapa wilayah Kalteng pada akhir tahun 2023 untuk memastikan pembangunan berjalan dengan baik.

“Saya ingin memastikan bahwa program pembangunan yang kita lakukan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Nuryakin.

Sebagai informasi, Pemprov Kalteng berkomitmen akan terus melakukan pembangunan di Kalteng. Salah satu yang menjadi program prioritas tahun 2023 adalah pembangunan pabrik pakan di Desa Bukit Harapan.

Pabrik pakan tersebut memiliki kapasitas produksi 10 ton per jam atau 80 ton per hari. Pabrik tersebut akan memproduksi pakan untuk ternak unggas, ruminansia, dan ikan. Pembangunan pabrik pakan Kalteng ini ditargetkan akan rampung pada akhir Desember 2023. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Comments (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *