Press ESC to close

Pelatihan Penetasan Unggas Lokal di Merauke Dorong Peningkatan Ketahanan Pangan

Merauke – Klik Ternak. Pelatihan penetasan unggas lokal digelar di Penetasan Mandiri Jaya Merauke, Provinsi Papua Selatan, pada hari Selasa (05/12/2023).

Pelatihan ini dihadiri oleh Ketua Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (HIMPULI) Kabupaten Merauke, Pak Purwanto, serta perwakilan Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke dan peserta pelatihan dari berbagai distrik di Merauke.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang teknis peternakan, sehingga dapat menumbuhkan keterampilan, pengetahuan, dan bekal dalam memulai industri penetasan untuk pembibitan unggas lokal. Pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan ekonomi keluarga, serta melestarikan dan menguatkan ketahanan pangan asal hewan.

Dalam pelatihan ini, peserta dibekali dengan materi tentang manajemen penetasan, kesehatan unggas, dan pengelolaan limbah. Peserta juga dilatih secara langsung untuk menggunakan mesin penetasan semi modern dengan kapasitas tertentu yang dapat digunakan di kampung yang ada aliran listriknya.

Pak Purwanto berharap, pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di kampung. Ia berharap, masyarakat dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam pelatihan ini dengan baik, benar, dan terus menerus. Dengan demikian, dapat meningkatkan produksi telur, daging, maupun bibit unggas lokal.

“Jika dikerjakan sungguh-sungguh, kegiatan penetasan ini akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menjadi sumber bibit unggas lokal dan menjadi sumber tambahan pendapatan keluarga peternak,” ujar Pak Purwanto.

Pelatihan penetasan unggas lokal ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan asal hewan di Kabupaten Merauke. Pemerintah berharap, dengan adanya pelatihan ini, dapat meningkatkan produksi unggas lokal, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan protein hewani. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *