Press ESC to close

4 Aplikasi Bioteknologi yang Wajib Diketahui Peternak

Bogor – Klik Ternak. Bioteknologi adalah pemanfaatan makhluk hidup atau bahan yang diperoleh dari makhluk hidup untuk menghasilkan suatu produk atau jasa yang bermanfaat bagi manusia.

Bioteknologi telah membawa perubahan dalam industri peternakan, salah satunya dengan meningkatkan produktivitas hasil ternak.

Berikut adalah 4 contoh bioteknologi di bidang peternakan, diantara lain yaitu :

1. Kloning

Foto Domba Kloning. Sumber Foto : BBIB Singosari oleh Muhammad Tegar K K
Pengawas Bibit Ternak Ahli Pertama

Kloning adalah teknik yang membuat keturunan dengan kode genetik yang sama dengan sel induknya tanpa proses pembuahan[1]. Kloning pada ternak (hewan) melibatkan pembuatan individu baru yang identik secara genetik, sama persis, dan memiliki kode DNA yang sama[3].

Kloning dapat digunakan untuk upaya pelestarian hewan-hewan yang hampir punah, seperti badak bercula satu. Selain itu, kloning juga dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas hewan ternak, misalnya dengan menghasilkan hewan ternak dengan keunggulan tertentu, seperti sapi potong yang menghasilkan daging dengan kualitas tinggi.

2. Hormon buatan

Ovalumon 20 ml (obat pemacu birahi dan penyubur hewan betina). Sumber Foto : Blibli

Hormon adalah zat kimia yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin dan berperan dalam berbagai proses metabolisme tubuh, termasuk pertumbuhan, perkembangan, dan reproduksi. Seiring perkembangan pengetahuan dibidang teknologi pemuliaan ternak, ilmuwan menciptakan hormon buatan yang diberikan kepada hewan ternak untuk bertujuan meningkatkan produksi susu, daging, atau telur.

Hormon buatan untuk hewan biasanya dibuat menggunakan teknologi DNA rekombinan. Teknologi ini memungkinkan untuk menggabungkan DNA dari berbagai sumber, termasuk DNA hewan dan DNA manusia.

3. Vaksin

Alat Vaksin Inject pada sapi. Sumber Foto : Sehat FKH UGM

Vaksin adalah produk biologi yang digunakan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh agar dapat melawan penyakit. Vaksin untuk hewan ternak dapat diberikan untuk mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit mulut dan kuku, penyakit anthrax, dan penyakit brucellosis.

Vaksinasi pada hewan ternak dapat meningkatkan produktivitas dan kesehatan ternak, serta mencegah penyebaran penyakit ke manusia.

4. Inseminasi buatan

Petugas Inseminator sedang melakukan inseminasi pada sapi betina. Sumber Foto : Dinas Peternakan dan perikanan Kabupaten Banyumas

Inseminasi buatan (IB) adalah proses memasukkan sperma ke dalam saluran reproduksi betina tanpa melalui perkawinan alami. IB dapat dilakukan pada berbagai jenis hewan ternak, seperti sapi, kambing, domba, dan ayam.

IB memiliki berbagai manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan produktivitas ternak, karena IB dapat dilakukan dengan menggunakan sperma dari pejantan unggul.
  • Mempercepat peningkatan populasi ternak, karena IB dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.
  • Mencegah penularan penyakit kelamin pada ternak.

Itulah 4 contoh bioteknologi di bidang peternakan. Bioteknologi telah memberikan banyak manfaat bagi industri peternakan, termasuk peningkatan produktivitas, kesehatan, dan efisiensi.

Sumber :

[1] Apa Itu Kloning? Ini Pengertian, Macam-macam, dan Contohnya https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5860358/apa-itu-kloning-ini-pengertian-macam-macam-dan-contohnya

[2] [PDF] KLONING HEWAN – Cokroaminoto Palopo University Journals https://journal.uncp.ac.id/index.php/dinamika/article/view/26/22

[3] Kloning adalah Pengklonaan, Kenali Penerapannya pada Hewan dan Tumbuhan https://www.liputan6.com/hot/read/5129204/kloning-adalah-pengklonaan-kenali-penerapannya-pada-hewan-dan-tumbuhan

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *