Press ESC to close

Kolaborasi Dosen Peternakan Unhas dan PT CPM Racik Pakan Mandiri Untuk Ayam Petelur

Maros – Klik Ternak. PT Catur Pangan Makmur, perusahaan peternakan ayam petelur di Maros, Sulawesi Selatan, berkolaborasi dengan dosen Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin untuk membuat pakan mandiri berbahan baku lokal.

Kegiatan penyuluhan pembuatan pakan mandiri tersebut digelar pada Minggu (07/01/2024), di Desa Bontomanai Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh karyawan PT Catur Pangan Makmur.

Pemateri penyuluhan, Indrawirawan, S.Pt., M.Sc., dari Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin, mengatakan bahwa pembuatan pakan mandiri merupakan salah satu upaya untuk menekan biaya produksi, terutama biaya pakan.

“Biaya pakan merupakan pengeluaran terbesar dalam usaha ayam petelur. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk menekan biaya tersebut,” kata Indra, dikutip dari makassar.pikiran-rakyat.com.

Indra menjelaskan bahwa pembuatan pakan mandiri dapat dilakukan dengan menggunakan bahan baku lokal yang tersedia di sekitar perusahaan. Bahan baku lokal tersebut, antara lain, jagung, sorgum, dedak, bungkil kacang kedelai, dan tepung ikan.

“Bahan baku lokal ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk unggas,” kata Indra.

Pada kegiatan penyuluhan tersebut, Indra memberikan informasi yang sangat berharga kepada karyawan PT Catur Pangan Makmur tentang pembuatan pakan mandiri. Para karyawan menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti kegiatan tersebut.

“Kegiatan penyuluhan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami mendapatkan banyak informasi baru tentang pembuatan pakan mandiri,” kata salah seorang karyawan PT Catur Pangan Makmur.

Dengan kolaborasi ini, diharapkan PT Catur Pangan Makmur dapat menekan biaya produksi dan meningkatkan efisiensi usahanya. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *