Press ESC to close

Si Ayam Cantik pendeteksi Gempa

Bogor – Klik Ternak. Ayam satu ini bisa mendeteksi sebelum terjadinya gempa loh.. emang ayam apa sih? Nah ini dia Ayam Ringneck.

Ayam Ringneck Pheasant (Phasianus colchicus torquatus) adalah salah satu jenis ayam hias yang berasal dari Tiongkok. Ayam ini memiliki fisik yang indah dengan bulu berwarna hijau, hitam, dan putih. Selain itu, ayam ini juga dipercaya dapat mendeteksi gempa bumi beberapa menit sebelum goncangan terjadi.

Perilaku Ayam Ringneck Pheasant Sebelum Gempa

Menurut Dwi Susanto, seorang Peternak dan warga Bantul yang mengembangbiakkan ayam Ringneck Pheasant, ayam ini akan menunjukkan perilaku yang berbeda sebelum gempa terjadi. Perilaku tersebut antara lain:

  • Gelisah dan terbang kesana-kemari selama 2-5 menit. Perilaku ini diyakini sebagai tanda bahwa ayam Ringneck Pheasant sedang merasakan gelombang seismik yang ditimbulkan oleh gempa bumi. Gelombang seismik tersebut dapat dirasakan oleh ayam Ringneck Pheasant melalui indera pendengaran dan keseimbangannya.
  • Berteriak dengan keras. Teriakan ini diyakini sebagai tanda bahwa ayam Ringneck Pheasant sedang mencoba memperingatkan hewan lain di sekitarnya tentang adanya gempa bumi.
  • Berkumpul di tempat yang tinggi. Perilaku ini diyakini sebagai tanda bahwa ayam Ringneck Pheasant sedang mencari tempat yang aman untuk berlindung dari gempa bumi.

Manfaat Ayam Ringneck Pheasant sebagai Detektor Gempa

Kemampuan ayam Ringneck Pheasant dalam mendeteksi gempa bumi dapat dimanfaatkan sebagai alat peringatan dini gempa. Dengan mengetahui tanda-tanda perilaku ayam Ringneck Pheasant sebelum gempa, masyarakat dapat lebih siap untuk menghadapi gempa bumi.

Selain itu, ayam Ringneck Pheasant juga dapat digunakan untuk penelitian tentang gempa bumi. Penelitian ini dapat dilakukan untuk meningkatkan akurasi dan keandalan ayam Ringneck Pheasant sebagai detektor gempa.

Ayam Ringneck Pheasant merupakan hewan unik yang memiliki potensi sebagai detektor gempa. Kemampuan ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keselamatan masyarakat di wilayah rawan gempa.

Terdapat beberapa kemungkinan mekanisme yang dapat menjelaskan bagaimana ayam Ringneck Pheasant dapat mendeteksi gempa bumi. Salah satu kemungkinannya adalah melalui indera pendengaran. Ayam Ringneck Pheasant memiliki indera pendengaran yang sangat tajam, sehingga dapat merasakan gelombang seismik yang ditimbulkan oleh gempa bumi.

Kemungkinan lainnya adalah melalui indera keseimbangan. Ayam Ringneck Pheasant memiliki indera keseimbangan yang juga sangat tajam, sehingga dapat merasakan perubahan tekanan di bawah tanah yang disebabkan oleh gempa bumi.

Selain itu, juga ada kemungkinan bahwa ayam Ringneck Pheasant dapat mendeteksi gempa bumi melalui indera lain, seperti indera penciuman atau penglihatan. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui mekanisme yang tepat yang digunakan oleh ayam Ringneck Pheasant untuk mendeteksi gempa bumi. (Rizki)

Sumber ;

Ayam Ringneck Pheasant Hewan Unik Pendeteksi Gempa Asal China Gelisah Jadi Tanda Gempa (Tribunnews) : https://solo.tribunnews.com/2022/03/01/ayam-ringneck-pheasant-hewan-unik-pendeteksi-gempa-asal-china-gelisah-jadi-tanda


Meraup Cuan Dari Ternak Ayam Pendeteksi Gempa (Detik Finance) : https://finance.detik.com/foto-bisnis/d-5785465/meraup-cuan-dari-ternak-ayam-pendeteksi-gempa


Warga Bantul Budidaya Ayam Hias Yang Diklaim Dapat Deteksi Gempa (Okezone) : https://news.okezone.com/read/2021/11/07/510/2497947/warga-bantul-budidaya-ayam-hias-yang-diklaim-dapat-deteksi-gempa


Deteksi Gempa Dengan Budidaya Ayam Hias Begini Klaim Warga Bantul (Ussfeed) :  https://ussfeed.com/deteksi-gempa-dengan-budidaya-ayam-hias-begini-klaim-warga-bantul/pop-culture/

×

Rizki Adi Saputra

Alumni mahasiswa Peternakan, manusia biasa yang memiliki keterampilan copywriting, menulis, desain grafis, videografer dan juga koding. Selain itu juga bergelut di konten kreator dan sosial media spesialis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *