Press ESC to close

Dorong Ketahanan Pangan, Pemprov Bengkulu Gandeng Jasindo Luncurkan AUTS

Bengkulu – Klik Ternak. Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) menggandeng PT Jasindo untuk meluncurkan program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) pada hari ini, Sabtu (3/2/2024). Program ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan melindungi peternak dari risiko kerugian akibat kematian ternak.

Kepala Disnakkeswan Provinsi Bengkulu, M. Syarkawi, mengatakan bahwa program AUTS merupakan program pemerintah pusat yang disubsidi sebesar 80%. Hal ini berarti peternak hanya perlu membayar premi sebesar 20% dari total premi.

“Dengan program ini, peternak hanya perlu membayar premi sebesar Rp40.000 per ekor per tahun. Jika sapi mereka mati, peternak akan menerima santunan sebesar Rp10 juta,” ujar Syarkawi, dikutip dari Antaranews.com

Syarkawi menjelaskan bahwa program AUTS sangat penting untuk melindungi peternak dari risiko kerugian akibat kematian ternak. Hal ini akan mendorong peternak untuk lebih fokus dalam mengembangkan usahanya.

“Program ini diharapkan dapat meningkatkan populasi sapi di Bengkulu dan meningkatkan ketahanan pangan,” kata Syarkawi.

Sementara itu, Pimpinan Cabang PT Jasindo Bengkulu, Dwi Wahyono, mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung program AUTS di Bengkulu. Jasindo akan memberikan pelayanan terbaik kepada para peternak yang mengikuti program ini.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para peternak. Kami akan memproses klaim dengan cepat dan mudah,” ujar Dwi Wahyono.

Peluncuran program AUTS ini dihadiri oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Forkopimda Bengkulu, peternak, dan undangan lainnya.

Manfaat AUTS:

  • Melindungi peternak dari risiko kerugian akibat kematian ternak.
  • Meningkatkan populasi sapi di Bengkulu.
  • Meningkatkan ketahanan pangan.

Syarat dan Ketentuan AUTS:

  • Sapi yang diasuransikan harus berusia minimal 6 bulan.
  • Sapi harus dalam kondisi sehat.
  • Peternak harus membayar premi asuransi.

Dengan diluncurkannya program AUTS ini, diharapkan dapat memberikan solusi bagi peternak di Bengkulu dalam meningkatkan ketahanan pangan dan memajukan usaha peternakan sapi di daerah ini. Program ini merupakan bentuk nyata perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan peternak dan upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *