Press ESC to close

Program IB di Bulukumba : Sapi Unggul Peternak Sejahtera

Bulukumba – Klik Ternak. Program Inseminasi Buatan (IB) yang digagas oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) di bawah kepemimpinan Penjabat Gubernur Bahtiar Baharuddin menjadi angin segar bagi para peternak sapi di Kabupaten Bulukumba. Program ini diharapkan dapat meningkatkan produksi ternak, khususnya sapi, di wilayah tersebut.

Alimuddin, seorang peternak di Desa Palambarae, Kecamatan Gantarang, Bulukumba, mengungkapkan bahwa program IB memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas populasi sapi di Bulukumba.

“Saat ini, sapi Bali atau sapi lokal masih mendominasi populasi sapi di sini. Namun, program IB memungkinkan para peternak untuk menghasilkan anakan sapi dengan kualitas unggul, seperti sapi peranakan Limosin dan Simental,” jelas Alimuddin dikutip dari sulselprov.go.id.

Program IB menggunakan sperma beku dari sapi jantan unggul yang telah melalui proses seleksi ketat. Hal ini memungkinkan peternak untuk mendapatkan bibit sapi berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar untuk mendatangkan sapi jantan unggul dari luar daerah.

Alimuddin dan para peternak lain di Desa Palambarae berharap program IB dapat terus digalakkan dan diperluas jangkauannya. Mereka juga berharap pemerintah dapat memberikan bantuan kepada peternak dalam bentuk obat-obatan dan akses ke bibit sapi unggul.

“Kami sangat mendukung program IB dan berharap program ini dapat terus berlanjut. Kami juga berharap pemerintah dapat membantu peternak dalam hal obat-obatan dan akses ke bibit sapi unggul,” kata Alimuddin.

Program IB merupakan salah satu upaya nyata Pemprov Sulsel dalam meningkatkan kesejahteraan peternak dan meningkatkan produksi daging sapi di wilayah tersebut. Dengan program ini, diharapkan peternak di Bulukumba dapat menghasilkan sapi dengan kualitas unggul dan meningkatkan pendapatan mereka. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *