Press ESC to close

Tantangan Meningkatkan Produksi di Tengah Ancaman Perubahan Iklim

Jakarta – Klik Ternak. Sektor peternakan memainkan peran penting dalam menyediakan protein dan kalori bagi manusia, serta menciptakan lapangan kerja dan pendapatan bagi masyarakat pedesaan. Namun, sektor ini juga menghadapi tantangan besar dari perubahan iklim.

Menurut drh. Pudjiatmoko, Ph.D, Medik Veteriner Ahli Utama Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, perubahan iklim berdampak negatif pada kinerja peternakan di banyak wilayah. Hal ini diperparah dengan permintaan produk peternakan yang terus meningkat seiring dengan pertumbuhan populasi dan pendapatan global.

“Tantangan utama saat ini adalah bagaimana meningkatkan produksi peternakan sekaligus menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK),” kata drh. Pudjiatmoko, dikutip dari okezone.com pada hari Selasa (27/02/2024).

Mitigasi Emisi GRK dari Sektor Peternakan

Drh. Pudjiatmoko menjelaskan bahwa terdapat langkah-langkah mitigasi yang dapat dilakukan untuk mengurangi emisi GRK dari sektor peternakan. Salah satu kuncinya adalah pengelolaan sumber daya lahan yang lebih baik.

“Mitigasi peternakan yang substansial terletak pada pengelolaan peternakan dan penggunaan lahan,” terangnya.

Beberapa strategi yang dapat dilakukan antara lain:

* Penerapan padang rumput yang lebih baik
* Intensifikasi pola makan ternak
* Perubahan bibit ternak
* Pengurangan tingkat penebaran
* Menurunkan intensitas penggembalaan

Selain itu, kebijakan mitigasi yang menargetkan emisi terkait perubahan penggunaan lahan juga dapat diterapkan.

“Kebijakan mitigasi yang menargetkan emisi terkait perubahan penggunaan lahan adalah 5–10 kali lebih efisien dibandingkan kebijakan yang hanya menargetkan emisi dari peternakan,” kata drh. Pudjiatmoko.

Penyerapan Karbon

Kategori mitigasi tentang penggunaan lahan lainnya terkait penyerapan karbon, terutama berhubungan dengan produksi pangan asal tanaman. Tindakan penyerapan karbon mencakup:

* Penggunaan pengolahan tanah konservasi
* Pemilihan tanaman dengan hasil lebih produktif
* Pengurangan deforestasi
* Konversi lahan pertanian menjadi padang rumput
* Perbaikan spesies rumput

Meningkatkan produksi peternakan di tengah ancaman perubahan iklim membutuhkan upaya kolektif dari berbagai pihak. Penerapan langkah-langkah mitigasi dan penyerapan karbon dapat membantu mengurangi emisi GRK dari sektor peternakan dan memastikan ketahanan pangan global. (RED)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *