Press ESC to close

Kenali Hewan Ruminansia: Mamalia dengan Sistem Pencernaan Unik

Bogor – Klik Ternak. Hewan ruminansia adalah hewan mamalia yang memiliki sistem pencernaan unik, yaitu memiliki empat bilik perut dan dapat mengunyah kembali makanannya. Hewan ruminansia termasuk dalam sub ordo Ruminantia, yang merupakan bagian dari ordo Artiodactyla, yaitu hewan berkuku genap. Hewan ruminansia kebanyakan adalah hewan herbivora, yaitu hewan yang memakan tumbuhan, terutama rumput.

Sistem pencernaan hewan ruminansia terdiri dari empat bilik perut, yaitu rumen, retikulum, omasum, dan abomasum. Rumen adalah bilik perut pertama yang berfungsi sebagai tempat fermentasi makanan oleh mikroorganisme. Retikulum adalah bilik perut kedua yang berfungsi sebagai tempat penyaringan makanan yang belum tercerna. Omasum adalah bilik perut ketiga yang berfungsi sebagai tempat penyerapan air dan garam mineral. Abomasum adalah bilik perut keempat yang berfungsi sebagai tempat pencernaan enzimatik oleh asam lambung dan enzim.

Proses pencernaan hewan ruminansia dimulai dari mulut, di mana hewan ruminansia mengambil makanan dengan lidahnya dan mengunyahnya secara cepat. Makanan yang dikunyah tersebut kemudian ditelan dan masuk ke rumen dan retikulum. Di sana, makanan akan difermentasi oleh mikroorganisme, seperti bakteri, protozoa, dan jamur, yang mengubah bahan organik menjadi asam organik, gas, dan mikroba. Makanan yang belum tercerna akan dikembalikan ke mulut dalam bentuk bonggol makanan, yang disebut dengan memamah biak. Bonggol makanan ini akan dikunyah lagi secara perlahan dan ditelan kembali. Makanan yang sudah tercerna akan masuk ke omasum dan abomasum, di mana air dan garam mineral akan diserap, dan enzim akan mencerna protein, lemak, dan karbohidrat. Makanan yang sudah tercerna seluruhnya akan masuk ke usus halus dan usus besar, di mana nutrisi akan diserap dan kotoran akan dikeluarkan.

Hewan ruminansia memiliki keuntungan dari sistem pencernaan uniknya, yaitu dapat memanfaatkan tumbuhan yang kaya serat, seperti rumput, yang tidak dapat dicerna oleh hewan lain. Hewan ruminansia juga dapat memanfaatkan mikroorganisme yang ada di perutnya sebagai sumber protein dan vitamin. Hewan ruminansia juga dapat menghemat energi, karena tidak perlu mengunyah makanannya secara lama pada saat pertama kali mengambilnya. Hewan ruminansia juga dapat menghasilkan produk-produk yang bermanfaat bagi manusia, seperti daging, susu, kulit, dan tanduk.

Jadi secara garis besar Hewan ruminansia adalah hewan mamalia yang memiliki sistem pencernaan unik, yaitu memiliki empat bilik perut dan dapat mengunyah kembali makanannya. Hewan ruminansia termasuk dalam subordo Ruminantia, yang merupakan bagian dari ordo Artiodactyla, yaitu hewan berkuku genap. Hewan ruminansia kebanyakan adalah hewan herbivora, yaitu hewan yang memakan tumbuhan, terutama rumput. Hewan ruminansia memiliki keuntungan dari sistem pencernaan uniknya, yaitu dapat memanfaatkan tumbuhan yang kaya serat, memanfaatkan mikroorganisme sebagai sumber nutrisi, menghemat energi, dan menghasilkan produk-produk yang bermanfaat bagi manusia.

Referensi:

Hewan Ruminansia: Ciri-Ciri, Sistem Pencernaan dan Anatominya (https://www.gramedia.com/literasi/hewan-ruminansia/)
The ruminant digestive system –  University of Minnesota (https://extension.umn.edu/dairy-nutrition/ruminant-digestive-system)

×

magfiranurul42

Mahasiswa Teknologi Pangan yang memiliki minat di bidang Peternakan dan agribisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *