Press ESC to close

Bondowoso Miliki Potensi Besar untuk Pengembangan Peternakan dan Pertanian

Bondowoso – Klik Ternak. Kabupaten Bondowoso memiliki potensi besar untuk pengembangan sektor pertanian dan peternakan. Hal ini diungkapkan oleh Penjabat Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, dalam keterangannya kepada media pada Senin (15/4/2024).

Bambang Soekwanto mengatakan bahwa letak geografis Bondowoso sangat mendukung untuk pengembangan kedua sektor tersebut. Selain itu, Bondowoso juga menjadi target para investor dari luar daerah untuk mendirikan usaha peternakan.

Salah satu contohnya adalah PT Kironggo Joyo, sebuah perusahaan peternakan sapi perah yang akan segera diresmikan di Desa Tegaljati, Kecamatan Sumberwringin. “Saya menyambut baik kedatangan PT Kironggo Joyo ini,” ujar Bambang, dikutip dari suarajatimpost.com.

“Rencananya perusahaan ini akan membangun pola unit peternakan di beberapa kecamatan di Bondowoso. Semoga ini berdampak baik pada tingkat perekonomian masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan bahwa Bondowoso saat ini tercatat sebagai lumbung ternak di Jawa Timur. Oleh karena itu, perlu dilakukan penataan sarana prasarana yang mumpuni agar sektor peternakan dapat berkontribusi untuk sektor pertanian.

“Saya ingin mendatang peternakan dibuat komunal. Sehingga, air seni dan kotoran ternak nantinya bisa dikelola untuk menjadi komoditas yang bisa dijual, seperti pupuk organik yang nantinya bisa mensupport sektor pertanian,” kata Bambang.

Bambang juga mengimbau agar bantuan dari Dinas Peternakan dapat menyasar kepada warga hingga tingkat dusun dengan sistem komunal yang transparan dan berkelanjutan. “Bantuan itu harus transparan serta berkelanjutan, sehingga sektor peternakan bisa membantu sektor pertanian, melalui penggunaan pupuk organik dari pengelola air seni dan kotoran ternak,” ungkapnya.

Potensi besar Bondowoso dalam pengembangan sektor pertanian dan peternakan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjadikan Bondowoso sebagai daerah yang maju dan mandiri. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *