Press ESC to close

Peternakan Ayam Jago Karah Farm di Surabaya Berkembang Pesat dan Bantu Banyak Orang

Surabaya – Klik Ternak. Peternakan ayam Jago Karah Farm (JKF) di Kelurahan Karah, Surabaya, Jawa Timur, menjadi contoh sukses usaha peternakan yang tidak hanya menguntungkan secara ekonomi, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Berdiri sejak tahun 2022, JKF diinisiasi oleh Lurah Karah dan empat warga lokal dengan tujuan membuka lapangan pekerjaan dan membantu masyarakat. Peternakan ini menerapkan konsep kandang ayam tanpa bau, sehingga tidak menimbulkan keresahan bagi warga sekitar.

JKF awalnya memiliki 10 anggota, dan kemudian berkembang menjadi 45 peternak. Peternakan ini memilih ayam kampung KUB yang memiliki keunggulan dalam ukuran dan jumlah telur. JKF juga menghasilkan berbagai produk, seperti pakan ayam, telur, DOC, dan ayam potong.

JKF mendapatkan bantuan prasarana dari program Klasterku Hidupku BRI berupa mesin pembuat pelet, mesin pemotong, mesin pencacah rumput, mesin otomatis telur, mesin pembuat tepung, mesin pengering, dan alat-alat perbaikan kandang.

Bantuan ini membantu JKF dalam memenuhi kebutuhan pakan ayam dengan harga lebih murah dan meningkatkan produktivitas. JKF berharap BRI dapat terus memberikan bantuan dan dukungan untuk mengembangkan usaha dan membantu masyarakat sekitar.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan bahwa program Klasterku Hidupku merupakan bentuk komitmen BRI untuk membantu UMKM di Indonesia. BRI tidak hanya memberikan modal, tetapi juga pelatihan dan program pemberdayaan lainnya.

Bantuan peralatan usaha diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kelompok usaha. BRI berkomitmen untuk terus mendampingi dan membantu UMKM di Indonesia untuk berkembang dan maju.

– Menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat
– Menyediakan produk ayam dan telur berkualitas dengan harga terjangkau
– Menjalankan program amal untuk membantu masyarakat
– Menerapkan konsep peternakan ramah lingkungan tanpa bau
– Menjadi contoh sukses usaha peternakan yang berkelanjutan

JKF merupakan contoh bagaimana program pemberdayaan UMKM dari BRI dapat memberikan dampak positif bagi pengusaha lokal dan masyarakat sekitar. Dengan bantuan dan dukungan dari BRI, JKF mampu berkembang pesat dan menjadi role model bagi peternakan lain di Indonesia. (RED/KT)
×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *