Press ESC to close

Sulbar Siapkan 7.000 Hewan Kurban Sehat untuk Idul Adha 2024

Mamuju – Klik Ternak. Dinas Peternakan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) memastikan ketersediaan hewan kurban untuk Idul Adha 1445 Hijriah aman dengan total 7.000 ekor, terdiri dari 4.000 sapi dan 3.000 kambing. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Peternakan Nur Kadar pada Senin (27/5/2024).

Jumlah hewan kurban ini diprediksi lebih banyak dibandingkan tahun 2023, di mana pemotongan sapi hanya mencapai 3.000 ekor dan kambing kurang dari 1.000 ekor.

Untuk memastikan kesehatan hewan kurban, Dinas Peternakan telah membentuk tim sebanyak 130 orang yang terdiri dari petugas dari pemerintah provinsi dan kabupaten. Tim ini akan bertugas memeriksa kesehatan hewan kurban di seluruh wilayah Sulbar.

Nur Kadar menghimbau kepada pemilik hewan kurban untuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat terkait pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Ia juga menegaskan bahwa situasi penyakit hewan ternak di Sulbar saat ini jauh lebih baik dibandingkan dua tahun terakhir, berkat program vaksinasi yang aktif dilakukan oleh pemerintah.

“Masyarakat tidak perlu khawatir terkait penyakit hewan kurban. Sekitar 300 ribu ekor hewan ternak telah divaksinasi selama tiga tahun terakhir,” ungkap Nur Kadar, dikutip dari Tribun Sulbar.

Dengan persiapan yang matang, diharapkan pelaksanaan Idul Adha 1445 Hijriah di Sulawesi Barat dapat berjalan dengan lancar dan aman. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *