Press ESC to close

Mengenal King Grass, Rumput Unggul dengan Produktivitas Tinggi dan Nilai Nutrisi Optimal

Bogor – Klik Ternak. King Grass, atau yang juga dikenal dengan sebutan Rumput Raja, merupakan salah satu jenis rumput unggul yang banyak digunakan sebagai pakan ternak di berbagai negara. Rumput ini memiliki karakteristik yang memungkinkannya untuk menjadi pilihan yang baik dalam usaha peternakan, baik untuk sapi, kambing, domba, atau hewan ternak lainnya.

Deskripsi Tanaman

Rumput raja
Rumput Raja (Sumber : Flickr)

King Grass memiliki nama ilmiah Pennisetum hybridum. Rumput ini memiliki batang yang tegak dan kuat, tumbuh dengan tinggi mencapai 3 – 4 meter, dengan daun yang lebar dan panjang. Daunnya berwarna hijau pekat dan teksturnya lembut. King Grass juga memiliki sistem perakaran yang kuat, sehingga dapat bertahan dalam kondisi pemotongan yang sering.

Adaptasi dan Syarat Tumbuh

King Grass dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan curah hujan yang cukup, antara 1200-2000 mm per tahun. Rumput ini juga relatif tahan terhadap kekeringan dan mampu bertahan di daerah dengan suhu tinggi. King Grass dapat tumbuh baik di tanah dengan pH antara 5,5 hingga 7,5. Namun, tanaman ini lebih baik tumbuh di tanah yang subur, berdrainase baik, dan memiliki kandungan bahan organik yang tinggi.

Produktivitas dan Kualitas

King Grass memiliki produktivitas yang tinggi dan dapat memberikan hasil panen yang melimpah. Rumput ini dapat dipanen dengan interval 30 – 40 hari setelah pemotongan pertama. Dalam setahun, King Grass dapat menghasilkan hijauan segar hingga 250 – 300 ton per hektar.

Secara nutrisi, King Grass memiliki kandungan protein kasar yang tinggi, sekitar 12 – 15%, serta serat kasar yang cukup rendah, sekitar 20 – 25%. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang baik sebagai pakan ternak, karena dapat memberikan nilai nutrisi yang optimal.

Pemanfaatan dan Budidaya

King Grass dapat dimanfaatkan sebagai rumput potong langsung atau dijadikan silase untuk disimpan dan digunakan dalam periode kekeringan. Rumput ini juga sering digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan briket pakan ternak. Untuk melakukan budidaya King Grass, bisa dilakukan dengan penanaman bibit atau stek batang. Tanaman ini membutuhkan pemeliharaan yang baik, termasuk pemupukan dan penyiraman yang cukup.

Kesimpulan

King Grass merupakan rumput unggul yang memiliki produktivitas tinggi dan nilai nutrisi optimal. Ketersediaan hijauan yang melimpah serta kandungan nutrisi yang baik membuat King Grass menjadi pilihan yang baik dalam usaha peternakan. Dengan budidaya yang tepat, King Grass dapat menjadi sumber pakan yang berkelanjutan dan menguntungkan bagi peternak. (Klik Ternak)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *