Press ESC to close

Mentan Amran Yakin Indonesia Bisa Swasembada Susu dalam 10 Tahun

Sleman – Klik Ternak. Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengajak para peternak kambing perah dan susu untuk meningkatkan produksi guna mendukung pemenuhan pangan bergizi di Indonesia. Ia optimistis Indonesia mampu memproduksi susu yang cukup dalam waktu lima hingga sepuluh tahun ke depan saat mengunjungi Bhumi Nararya Farm di Kabupaten Sleman, DIY, Sabtu (29/6).

“Susu nanti untuk pangan bergizi. Dari komponen makanan bergizi itu 80 persen kita produksi. Bahkan 100 persen kita (bisa) produksi,” ujar Amran dikutip dari kumparan.com. “Negara ini kaya banget, yang penting kita serius,” lanjutnya.

Mentan Amran Sulaiman bercengkrama dengan peternak kambing di Bhumi Nararya Farm, Kabupaten Sleman, DIY
Mentan Amran Sulaiman bercengkrama dengan peternak kambing di Bhumi Nararya Farm, Kabupaten Sleman, DIY, Sabtu (29/6/2024). Sumber Foto : Dok. Kementan

Amran mengungkapkan kekecewaannya atas masih tingginya impor susu di Indonesia. “Jujur aku kadang gemas. Masa susu aja kita impor sekian banyak. Tapi doakan ke depan yang penting kita komitmen bersama-sama kita bereskan,” ucapnya.

Mentan Amran menegaskan bahwa fokus utama pemerintah saat ini adalah mencapai swasembada beras. “Pangan adalah strategis, tidak ada pangan tidak ada negara. Kalau pangan bermasalah negara bermasalah sehingga padi mutlak dulu kita rebut swasembada,” tegasnya.

Ia juga menyatakan keyakinannya bahwa pemerintah memiliki komitmen yang kuat dalam membangun bangsa, termasuk mewujudkan program swasembada pangan. “Kami yakin pemerintah komitmen untuk merah putih, untuk republik ini ini luar biasa,” ujarnya.

Kunjungan Mentan Amran ke Bhumi Nararya Farm merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah terhadap pengembangan peternakan kambing perah di Indonesia. Pemerintah berharap dengan meningkatnya produksi susu lokal, Indonesia dapat mengurangi ketergantungan pada impor dan meningkatkan kualitas gizi masyarakat. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *