Press ESC to close

Nestle Indonesia Dukung Peternak Sapi Perah Jawa Timur Semakin Sejahtera dan Berkelanjutan

Jawa Timur – Klik Ternak. Nestle Indonesia menunjukkan komitmen jangka panjangnya dalam mendukung peternakan sapi perah rakyat di Jawa Timur. Melalui berbagai inisiatif, Nestle tidak hanya ingin memenuhi kebutuhan pasokan susu segar untuk operasional pabriknya, tetapi juga membantu meningkatkan kesejahteraan peternak dan melestarikan sumber daya alam untuk generasi mendatang.

“Kemitraan kami dengan peternak sapi perah di Jawa Timur merupakan wujud komitmen Nestle untuk menciptakan nilai bersama,” ujar Syahrudi, Head of Sustainable Agriculture PT Nestle Indonesia, dilansir wartaekonomi.co.id, Selasa (02/07/2024). “Kami ingin membantu meningkatkan kesejahteraan hidup mereka, mendukung perekonomian lokal, dan mendorong penerapan praktik peternakan yang berkelanjutan.”

Hubungan Nestle dengan peternak sapi perah di Jawa Timur telah terjalin selama hampir lima dekade. Dimulai pada tahun 1975 dengan kerjasama bersama Koperasi Susu SAE Pujon untuk membeli 160 liter susu segar bagi pabrik Nestle pertama di Waru, Jawa Timur. Saat ini, Nestle telah bekerja sama dengan 31 koperasi di Jawa Timur yang menaungi lebih dari 15.000 peternak sapi perah rakyat.

Komitmen Nestle dalam mendukung peternak sapi perah di Jawa Timur terus berkembang. Pada tahun 1985, Nestle membentuk AgriService, sebuah tim khusus yang bertugas mendampingi peternak untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas susu segar. Langkah ini menandai pergeseran menuju pendekatan kolaboratif yang lebih intensif.

Pada tahun 1988, Nestle membangun pabrik baru di Kejayan, Pasuruan yang menerima pasokan susu segar dari koperasi-koperasi tersebut.

Pada tahun 2007, AgriService diubah menjadi Milk Procurement and Dairy Development (MPDD) dengan fokus untuk memperkuat kerjasama dengan koperasi dan peternak rakyat. MPDD memberikan dukungan dan bimbingan komprehensif, termasuk pelatihan praktik peternakan sapi perah yang baik dan berkelanjutan, serta pengoptimalan produktivitas dan kualitas susu.

Hingga saat ini, tim MPDD telah mendampingi lebih dari 15.000 peternak.

“Dukungan Nestle telah membantu kami meningkatkan kualitas susu dan meningkatkan pendapatan,” ujar salah satu peternak sapi perah yang tergabung dalam program MPDD. “Kami juga belajar bagaimana beternak sapi perah dengan cara yang lebih berkelanjutan, sehingga dapat menjaga kesehatan hewan dan lingkungan.”

Nestle Indonesia terus berupaya untuk memperkuat komitmennya dalam mendukung peternakan sapi perah rakyat di Jawa Timur. Dengan kolaborasi dan pendampingan yang berkelanjutan, Nestle berharap dapat membantu peternak meningkatkan kesejahteraan hidup mereka, berkontribusi pada perekonomian lokal, dan melestarikan sumber daya alam untuk generasi mendatang. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *