Press ESC to close

Indigofera Zollingeriana, Pakan Ternak Berprotein Tinggi Terobosan dari Korem 162/Wira Bakti

Dompu – Klik Ternak. Korem 162/Wira Bhakti membuat terobosan baru untuk sektor peternakan di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Terobosan tersebut berupa budidaya Indigofera Zollingeriana sebagai Hijauan Makanan Ternak (HMT).

Penanaman perdana Indigofera Zollingeriana dilakukan di Jalan Lintas Calabai, Desa Tolokalo, Kecamatan Kempo, Dompu pada Sabtu (16/12/23). Kegiatan tersebut diikuti oleh Danrem 162/WB, Bupati Dompu, serta para pejabat TNI dan Polri di Dompu.

Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti mengatakan, Indigofera Zollingeriana merupakan tanaman yang sangat potensial dikembangkan sebagai pakan ternak. Tanaman ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan tahan terhadap kekeringan.

“Tanaman ini cocok ditanam di wilayah dengan iklim kering, seperti di Dompu,” kata Danrem dikutip dari lombokpost.jawapos.com.

Menurut Danrem, budidaya Indigofera Zollingeriana ini diharapkan dapat meningkatkan perkembangan hewan ternak di Dompu. Sehingga ternak yang dipelihara masyarakat bisa lebih sehat, lebih gemuk, dan dapat berkembang biak dengan baik.

“Beternak modern bukan dengan melepas hewan ternaknya untuk mencari makan sendiri, yang nantinya akan menimbulkan permasalahan sosial. Tetapi harus menggunakan kandang atau Ranch,” kata Danrem.

Danrem berharap, ke depan peternakan di Dompu sudah menggunakan sistem modern. Di suatu areal tertentu dibuatkan kandang khusus sekaligus memiliki lahan pengembangan pakan ternak.

Bupati Dompu Abdul Kader Jaelani menyambut baik terobosan yang dilakukan oleh Korem 162/WB. Ia berharap, dengan pengembangan Indigofera Zollingeriana, peternakan di Dompu dapat menjadi maju.

“Semoga dengan pengembangan Indigofera ini, bisa terwujud peternakan modern dan ternak yang dikandangkan lebih cepat gemuk dan bobotnya lebih berat,” ucap Bupati AKJ. (RED/KT)

×

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Comments (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *