Press ESC to close

Minum Susu Kambing Tanpa Bau Prengus? Mahasiswa Djuanda Bogor Punya Solusinya!

Kabupaten Bogor – Klik Ternak. Vian Eko Prasetyo, mahasiswa Peternakan Universitas Djuanda berhasil meraih juara 2 pada ajang Gelar Inovasi Daerah (GID) Kabupaten Bogor tahun 2023. Ia berhasil menyisihkan 245 inovator lainnya dari berbagai kategori.

Vian Eko Prasetyo Saat Meraih Juara 2 GID (Sumber : Istimewa)

Inovasi yang diusung Vian adalah susu kambing pasteurisasi aneka rasa. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan minat konsumsi susu kambing di masyarakat, yang selama ini masih rendah karena stigma “bau prengus”.

“Susu kambing merupakan minuman yang kaya akan nutrisi dan manfaat, namun minat konsumsi masyarakat masih rendah karena stigma bau prengus. Oleh karena itu, saya mencoba membuat inovasi susu kambing dengan gizi seperti susu murni, namun beraneka rasa dan praktis untuk dibawa dan disajikan.” ujar Vian.

Inovasi susu kambing pasteurisasi aneka rasa buatan Vian memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan susu kambing murni, namun dengan rasa yang bervariasi, sehingga lebih disukai oleh masyarakat.
  • Praktis untuk dibawa dan disajikan, sehingga cocok untuk dikonsumsi di mana saja.
  • Meningkatkan minat masyarakat terhadap susu kambing, sehingga sektor peternakan kambing perah akan semakin dilirik.
Produk Susu Pasteurisasi “Saanen Goat’s Milk” Dengan Variasi Rasa Oleh Vian Eko Prasetyo (Sumber : Istimewa)

Vian mengaku terinspirasi untuk membuat inovasi ini setelah melihat potensi peternakan kambing perah yang besar di Kabupaten Bogor. Ia berharap, inovasinya ini dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar lingkungan produksi, serta meningkatkan pendapatan peternak kambing perah.

“Saya berharap, inovasi ini dapat diadopsi oleh masyarakat luas, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” ujar Vian.

Kambing Saanen Milik Vian, Saat ditemui Klik Ternak di Peternakannya (Sumber: Istimewa)

Inovasi susu kambing pasteurisasi aneka rasa buatan Vian ini merupakan salah satu contoh dari banyaknya inovasi yang dihasilkan oleh generasi muda di Kabupaten Bogor. Inovasi-inovasi ini menunjukkan bahwa generasi muda memiliki potensi besar untuk mengembangkan potensi yang ada di Kabupaten Bogor. (RED/KT)

Klik Ternak

Media peternakan yang menghadirkan konten menarik, informatif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *